Logo Pusat Peragaan Iptek

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Penemu Cilik

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kontes Robot 2014

Kontes Robot dengan tema Robot Agrikultur untuk siswa SMP dan SMA se-Indonesia.

Penemu Cilik

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Buy One Get One Free

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Blog Archive

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin || Pendaftaran Kontes Robot 2014 diundur sampai dengan 8 Agustus 2014

Rabu, Oktober 31, 2012

QURBAN ADALAH SEMANGAT BERBAGI, DAMAI DI HATI - DAMAI DI BUMI

“Daging (qurban) dan darahnya itu sekali – kali tidak akan sampai kepada ALLAH, tetapi yang sampai kepada-NYA adalah ketakwaan kamu”. (QS. Al-Hajj ayat 37)

Belajar dari Ibrahim untuk belajar taqwa kepada Alloh adalah sekelumit kisah yang diabadikan didalam Al-Qur’an, dan jutaan ummat muslim diseluruh dunia mengejawantahkan ajaran tersebut dengan melaksanakan pemotongan hewan qurban dimana-mana. Tak ketinggalan, kegiatan qurban juga dilaksanakan di Pusat Peragaan IPTEK dengan dimotori oleh KOMunitas the POwer of Shodaqoh (KOMPOS) yang didirikan dan beranggotakan karyawan PP-IPTEK melalui salah satu programnya yaitu Tabungan Qurban Kita (T-Qta) ditahun 2012 ini yang merupakan kali pertama dilakukan dengan jumlah hewan qurban sebanyak 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing dari 18 orang peserta qurban.

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban dilakukan pada hari sabtu tanggal 27 Oktober 2012 berlokasi di taman belakang PP-IPTEK dengan dihadiri oleh jajaran manajemen serta segenap karyawan PP-IPTEK. Mengusung tema “Berqurban Tenangkan Hati” adalah suatu harapan bahwa dengan berqurban kita dapat mengambil pelajaran tentang mengingat Alloh melalui perintah-Nya yang dicontohkan oleh nabi Ibrahim dan anaknya Ismail, betapapun kita menyayangi makhluk yang merupakan ciptaan-Nya, niscaya tiada kekal dan abadi, sementara Dialah Alloh SWT yang maha abadi sehingga hanya kepada-Nyalah kita berserah diri jika suatu saat apa yang kita anggap menjadi milik kita diambil kembali oleh pemilik sesungguhnya, dan hanya dengan berdzikir kepada Alloh hati menjadi tenang sehingga sampailah ketaqwaan kita kepada-Nya.

Alhamdulillah puji dan syukur kepada Alloh SWT, dengan semangat kebersamaan diantara peserta qurban,  panitia pelaksana dan para relawan yang terlibat, pemotongan hewan qurban dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selanjutnya, kita semua berharap kegiatan qurban ini dapat terselenggara secara rutin setiap tahunnya dengan melibatkan lebih banyak lagi peserta qurban sehingga semakin terasa nilai kebersamaan dalam rangka memperkuat tali silaturahim dan berbagi diantara karyawan Pusat Peragaan IPTEK. (mht/ppiptek)

Rabu, Oktober 24, 2012

Ciptakan Generasi Yang Kreatif, Inovatif Melalui Gebyar Iptek 2012

Dalam rangka mendukung program Kementeriann Riset dan Teknologi dalam menanamkan budaya cinta iptek khususnya dikalangan pelajar, Asdep Budaya dan Etika, Deputi Bidang Kelembagaan Iptek bekerjasama dengan Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) menyelenggarakan Gelar Iptek bagi Pelajar SLTP wilayah Jabodetabek.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Selasa (23/10/2012) ini dibuka secara resmi oleh Benyamin Lakitan, Deputi Bidang Kelembagaan Iptek Kementerian Ristek dan dihadiri oleh Direktur PP-IPTEK, Sukro Muhab.

Gelar Iptek ini diikuti oleh lebih dari 200 pelajar SLTP di wilayah Jabodetabek. Dalam sambutannya Sukro Muhab menanyakan kepada para siswa kapan tepatnya Hari Kebangkitan Teknologi Nasional pertama kali dirayakan. Beliau menanyakan ini karena memang kegiatan ini juga masih dalam rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) yang ke 17 yang jatuh pada yanggal 10 Agustus lalu.

Berbagai kegiatan yang bersifat sains disiapkan dalam acara ini. Diawali dengan Science Show yang spektakuler, dimana para siswa disuguhi berbagai percobaan sains bertema Nitrogen Cair, dan dilajutkan dengan mini activity berupa pembuatan jam matahari dan filter matahari. Dalam kegiatan Mini Activity ini setiap siswa diberi alat dan bahan untuk membuat jam matahari dan filter mataharinya masing-masing.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film sains hasil karya mahasiswa Indonesia, dan galeri adventure yakni jelajah galeri PP-IPTEK dan didampingi secara khusus oleh para pemandu PP-IPTEK. Pada kegiatan galeri adventure ini, para siswa diajak untuk mengeksplorasi berbagai alat peraga sains yang bersifat interaktif yang berada di galeri peraga PP-IPTEK.  Kegembiraan begitu terpancar dari wajah mereka saat mencoba alat peraga yang jumlahnya tidak kurang dari 400 buah dan terbagi dalam 3 lantai ini.

Diakhir acara mereka kembali disuguhi pemutaran film sains yang kali ini bertema antariksa. Melalui kegiatan Gebyar iptek ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya iptek kepada masyarakat khususnya pelajar sehingga dapat menciptakan generasi muda yang kreatif, inovatif dan dinamis terhadap perkembangan dan penguasaan teknologi.(ppiptek)

Selasa, Oktober 23, 2012

PP-IPTEK Ikuti Pameran Ekonomi Kreatif 2012

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) ikuti kegiatan Pameran Ekonomi Kreatif 2012. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri 2012 diikuti oleh berbagai UKM dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini merupakan ajang promosi terhadap berbagai hasil produksi daerah kepada masyarakat. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat mengenal dan mencintai produk-produk dalam negerinya sendiri.

Pada kegiatan yang berlangsung selama 4 hari sejak 18-21 Oktober 2012 di Balai Kartini Kuningan ini, PP-IPTEK menghadirkan 3 alat peraga interaktif antara lain Uji Konsentrasi, Tebak Tanggal Lahir, dan Cincin Loncat. Ke 3 alat peraga ini menerangkan berbagai konsep pembelajaran sains yang dikemas melalui alat peraga yang dapat dicoba oleh setiap pengunjung. Seperti misalnya alat peraga Tebak Tanggal Lahir, dengan kombinasi angka yang telah diatur sedemikian hingga saat pengunjung mencoba, mereka dapat menebak tanggal lahir rekan mereka.(ppipek)

Senin, Oktober 22, 2012

SCIENCE FOR ALL DALAM GELAR IPTEK SUMATERA UTARA 2012

Suasana pagi yang cerah terpancar di Pendopo Universitas Negeri Sumatera Utara (USU) pada saat menjelang pembukaan kegiatan Science For All (SFA) di Kota Medan pada 16 Oktober 2012. Seluruh tim SFA dari PP-IPTEK sangat bersemangat menyambut kehadiran para pelajar di wilayah Medan dan sekitarnya untuk ramai-ramai melakukan rangkaian demi rangkaian kegiatan SFA.  Kegiatan Science For All kali ini diselenggarakan oleh PP-IPTEK , RISTEK bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Prov. SUMUT dalam acara Gelar Iptek Sumatera Utara 2012 dalam rangka mensosialisasikan iptek dan membudayakan iptek di seluruh lini kehidupan bagi generasi muda Sumatera Utara agar mampu bersaing dalam menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat dimanfaatkan bagi kehidupan sehari-hari sertamembangkitkan kemandirian generasi muda Sumatera Utara dalam meningkatkan perekonomian bangsa.

Kegiatan Gelar Iptek yang mengusung tema “Inovasi Untuk Kemandirian Bangsa”  dibuka pada tanggal 16 Oktober 2012 oleh Plt. Gubernur Prov. SUMUT, Bp. Gatot Pujo Nugroho dan akan berakhir pada 18 Oktober 2012. Dalam acara pembukaan ini Plt. Gubernur Prov SUMUT didampingi oleh Asisten Deputi Pengembangan Kelembagaan, Deputi Bidang Kelembagaan Iptek- Kementerian Riset dan Teknologi, Bp. Fajar Suprapto, Direktur PP-IPTEK, Bp. Sukro Muhab dan Ka.Balitbang Prov SUMUT, Bp. Alwy dengan ditandai dengan pemukulan Gong dan peluncuran 3 buah roket bedak.

Acara Science For All di Medan ini akan menggelar beberapa kegiatan menarik seperti Bincang-Bincang Teknologi oleh Pakar Sains, Pagelaran Alat Peraga Sains Interaktif dan Demo Sains. Satu lagi yang menarik dari  SFA ini adalah dengan adanya kegiatan khusus bagi pelajar Medan dan sekitarnya, yakni Workshop dan Kompetisi Roket Air Regional Sumatera Utara 2012, dimana pemenangnya akan dikirim pada Kompetisi Roket Air Nasional pada tahun 2013.

Pada acara Bincang Teknologi yang dibawakan oleh Direktur PP-IPTEK diikuti oleh 105 orang siswa SMP, SMA dan SMK dari wilayah Medan, Deli, Binjai dan Karo. Bincang Teknologi kali ini menceritakan perkembangan-perkembangan teknologi dari zaman dahulu hingga sekarang, bagaimana teknologi dapat membantu manusia dalam menyelesaikan kegiatan dan pekerjaan dengan cepat, serta bagaimana kita dapat melakukan inovasi-inovasi pada teknologi terdahulu menjadi teknologi yang lebih sempurna yang saat ini kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Acara Bincang Teknologi ini dibuka dan diselingi oleh demo percobaan-percobaan sains yang dibawakan secara menarik, menghibur  dan interaktif dengan melbatkan para peserta untuk melakukan percobaan, seperti Burning Hand, Menggelembung bukan ditiup, dan lain-lain. Selain itu, PP-IPTEK juga membawa 6 alat peraga interaktif sains, seperti Generator Listrik, Ilusi Mata, Kutub Magnet, Konduktor Isolator, Gyroskopa dan Pola Berubah.

Acara Science For All kemudian dilanjutkan  dengan acara Workshop dan Kompetisi Roket Air Regional Sumatera Utara pada tanggal 17-18 Oktober 2012, dimana ±240 siswa di wilayah Medan, Deli, Binjai dan Karo berkompetisi membuat dan meluncurkan roket air buatan mereka masing-masing.  Pembuatan roket air dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2012 yang berlokasi di Ruang Aula, Wisma USU, sedangkan kompetisi peluncuran dilanjutkan keesokan harinya dimana perserta yang roket airnya masuk kedalam target sasaran akan  dinobatkan sebagai Juara Kompetisi Roket Air Regional yang kemudian akan dikirim menjadi delegasi prov. Sumatera Utara dalam Kompetisi Roket Air Nasional 2013 di Jakarta.Dinobatkan sebagai Juara 1 hingga Juara Harapan 3, yakni dari SMK Pelayaran Samudra Indonesia sebagai juara pertama, SMK Raksana sebagai juara kedua, dan SMPN 1 Pantai Labu sebagai juara ketiga. Sedangkan untuk juara harapan pertama diraih oleh SMK Swasta Dwi Tunggal, juara harapan kedua diraih oleh SMP Al Fityah, dan juara harapan 3 diraih oleh SMA Santo Thomas 1.

Senin, Oktober 01, 2012

Kompetisi Poster Antariksa diikuti oleh ratusan peserta SD

Kreatifitas anak yang tak terbatas membutuhkan media dan kegiatan untuk dapat menyalurkannya. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menyalurkan kreatifitas ana ini dalah dengan membuat poster. Melalui poster, anak dapat enuangkan berbagai imajinasi yang ada dalam pikiran mereka ke dalam sebuah media kertas.

Sebuah gambar dapat menyampaikan pesan lebih banyak dan lebih jelas kepada seseorang dibandingkan dengan sebuah tulisan. Banyaknya warna, garis maupun bentuk pada sebuah gambar, akan meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas seorang anak.

Minggu, 23 September 2012 kemarin, Pusat Peragaan Iptek menyelenggarakan Kompetisi Poster Antariksa bagi siswa sekolah dasar (SD). Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Direktur PP-IPTEK, Sukro Muhab ini diikuti oleh lebih dari 180 siswa SD.

Selain dalam rangka meningkatkan daya imajinatif dan kreatifitas siswa, Kompetisi Poster Antariksa  ini juga sekaligus sebagai ajang seleksi menuju kompetisi poster tingkat internasional yang akan diselenggarakan di Malaysia pada Desember nanti. Sudah 3 tahun ke belakang, Indonesia selalu mendapat juara 1 Kontes Poster Antariksa di tingkat internasional.

Tema yang diangkat pada kompetisi poster kali ini adalah “Friend in Space” sesuai dengan tema yang ditetapkan dalam ajang 19th APRSAF Poster Competition 2012. 19th APRSAF Poster Competition 2012 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam acara The 19th Session of the Asia-Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF-19) yang akan dilaksanakan tanggal 11 – 14 Desember 2011 di Malaysia.

Setelah melalui persaingan dan penjurian yang ketat, akhinya didapat 3 poster terbaik yang nantinya akan diikutkan dalam ajang internasional di Malaysia, mereka adalah Tara Elrica dari SDK Sang Timur sebagai juara 1, Ennisa Ulayya Zalfaa dari SDN 04 Cilandak Barat sebagai juara 2, dan Kevin dari HFO sebagai juara 3. Selain itu masih ada 3 juara harapan antara lain Tasya SD Meruya Utara sebagai juara harapan1, Cassandra dari SD Tarakanita 1 sebagai juara harapan 2 dan Chadnus Cleosa Daiva C dari SDK IPEKA PURI sebagai juara harapan 3.(pp-iptek)