Breaking News

PP-IPTEK Ikut Serta dalam Pameran Puspiptek

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) berpartisipasi dalam Pameran Kids Science & Expo 2017 yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan & Teknologi (Puspiptek) di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan pada tang 29 September – 1 Oktober 2017.



Pameran Kids Science & Expo 2017 merupakan rangkaian kegiatan dari Puspiptek Innovation Festival. Pameran ini bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih mengenal tentang Puspiptek, karya-karya, dan prestasi yang dihasilkan. Tema yang diangkat adalah “Kenal, Bangga, Ceritakan”.
Pembukaan pameran dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir yang didampingi Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

“Kurangnya perhatian pemerintah, sehingga banyaknya inovasi anak negeri yang beralih ke pihak asing, hal tersebut mendorong saya untuk lebih memperhatikan inovator anak muda, agar mereka tetap berkresi di negeri sendiri,” Sambutan Menristekdikti saat meresmikan acara.

Dalam sambutan Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Kota Tangsel sangat mendukung kegiatan yang diadakan Puspiptek, "Kami atas nama pemerintah, sangat mendukung kegiatan ini. Puspitek adalah potensi dan kebanggaan bagi masyarakat Tangsel. Kami punya keyakinan bahwa kegiatan ini akan memiliki efek yang sangat baik. Terlebih jika kegiatan ini dijalankan secara rutin. Kami tentu akan selalu mendukung acara ini.”

Dalam kegiatan ini, PP-IPTEK membawa 6 alat peraga yang bertemakan sains dengan konsep ilmu fisika dan matematika, yaitu Van De Graf, Uji Konsentrasi, Bola Melayang, Roket Angin, Penjumlahan Putar, dan Bola Listrik. Selain alat peraga, PP-IPTEK menyajikan demonstrasi sains tentang nitrogen cair pada hari kedua pameran tanggal 30 September 2017 pada pukul 11.00 dan 14.00 WIB yang bertempat di panggung luar. Pemandu PP-IPTEK berinteraksi langsung dengan beberapa pengunjung untuk merasakan percobaan-percobaan yang disajikan.









Pengunjung tampak antusias terhadap alat peraga dan demonstrasi sains yang disajikan karena memudahkan mereka dalam mempelajari sains dengan cara yang menyenangkan.

Sampai hari terakhir, stand PP-IPTEK dikunjungi sebanyak 2.850 pengunjung yang kebanyakan rombongan anak sekolah, keluarga, dan pengunjung umum.


Selain pameran, acara yang berlangsung selama 3 hari ini diramaikan dengan pameran beragam inovasi, workshop, Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK, dan pengunjung berkesempatan  berkeliling melihat sejumlah aset vital negara, seperti Pusat Reaktor Nuklir milik Batan.

Tidak ada komentar