Blog Archive

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin || Pendaftaran Kontes Robot 2014 diundur sampai dengan 8 Agustus 2014

Rabu, September 03, 2008

WORKSHOP DAN KOMPETISI ROKET AIR BALIKPAPAN SPORT AND CONVENTION CENTER (BSCC) DOME

Sebagai rangkaian kegiatan Peragaan Iptek di Balikpapan, maka pada tanggal 20 Agustus 2008 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Balikpapan telah dilaksanakan Workshop Pembuatan Roket Air yang diikuti oleh 60 siswa SMP sekota Balikpapan beserta 18 guru pendamping siswa. Acara dibuka oleh Ka. Sub Din Pendidikan Dasar sebagai tuan rumah dilanjutkan sambutan Kepala Biro Humas dan Kerjasama Kedirgantaraan LAPAN. Dengan mengundang narasumber M. Ichsan dari PP Iptek TMII dan Murtani dari LAPAN, workshop ini membahas mengenai pengenalan roket air serta dasar-dasar teorinya, yang dilanjutkan dengan pembuatan roket air. Dalam workshop tersebut juga dilakukan uji coba peluncuran roket air.

Implementasi dari pelaksanaan workshop roket air, dilanjutkan dengan pelaksanaan kompetisi/lomba roket air pada tanggal 21 Agustus 2008 bertempat di BSCC Dome dengan para peserta semua pelajar SMP yang telah mengikuti workshop sehari sebelumnya. Meski pada pagi hari cuaca Balikpapan diguyur hujan, tidak mengurangi semangat 60 siswa untuk hadir tepat waktu di Dome. Selama 2 jam, ke 60 pelajar berkutat untuk membuat roket air sebaik mungkin, mengingat pemenang dari kompetisi roket air ini akan mewakili kota Balikpapan pada kompetisi roket air tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada awal bulan November 2008 nanti. Keluar sebagai juara 1 dari kompetisi roket air ini direbut oleh Sigiet Haryo Pranoto dari SMPN 8, dan sebagai juara 2 direbut oleh Swasono Alam siswa SMP PD2, serta Trisa M.A.J dari SMPN 2 berhasil menyabet juara 3. Ketiga pemenang tersebut disamping akan mengikuti kompetisi roket air tingkat nasional di Yogyakarta, juga memperoleh Piala dan Sertifikat dari LAPAN dan PP Iptek TMII. (RISTEK)



Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar