Breaking News

KUPANG, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR TURUT MEMILIKI PUSAT PERAGAAN IPTEK



Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meresmikan Pusat Peragaan Iptek Prov. NTT pada Kamis, 14 November 2019 di Aula Gedung Museum Daerah, Kupang, NTT.
Bersamaan dengan kegiatan peresmian Puspa Iptek Prov. NTTPP-IPTEK menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 13 - 15 November 2019 di antaranya, yaitu Pameran Peragaan Iptek Interaktif, Mini Workshop, Science Corner, Science Show, dan Demo Peluncuran Roket Air.





Peresmian Pusat Peragaan Iptek Prov. NTT diberi nama Mamuli Science Technology and Innovation Centre NTT yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Prov. NTT Viktor Laiskodat, didampingi Wakil Walikota Prov. NTT Herman Man, Kepala Bappelitbangda Prov. NTT Lecky Frederich Koli, dan Direktur PP-IPTEK M. Syachrial Annas. Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol peluncuran rocket powder yang disaksikan oleh para tamu undangan, kepala sekolah, dan siswa-siswi dari sekolah-sekolah yang berada di wilayah Kupang dan sekitarnya.

                
Dalam sambutannya, Gubernur NTT, Viktor Laiskodat menyambut baik pendirian Puspa Iptek Prov. NTT karena turut mengambil bagian dalam pencerdasan anak-anak NTT di bidang Iptek secara khusus ke depannya dan pembangunan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NTT pada umumnya.
“Penguasaan Iptek merupakan salah satu key factor pembangunan di berbagai aspek, yang berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup suatu bangsa, dan dapat menjadi penggerak daya saing bangsa. Oleh karena itu, pendirian Puspa Iptek menunjukkan suatu langkah maju. Dengan kehadiran Puspa Iptek ini, pembangunan SDM NTT harus semakin maju, unggul, dan terdepan dalam berbagai dimensi, mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional sehingga dapat berkontribusi lebih besar bagi kemajuan NKRI,” ungkapGubernur NTT.

                 

Sambutan Direktur PP-IPTEK, Kemenristek/BRIN, “Ada pesan khusus dari Pak Menteri untuk Bapak Gubernur salam hormat, selamat buat Nusa Tenggara Timur menyelesaikan hasil atau perjuangan besar Bappelitbangda akhirnya tahun ini NTT punya 1 paket insentif pendirian science center dan tahun ini hanya ada 3, satu di NTT, satu di Riau, dan satu di Kab. Banggai. Kami membawa 13 hasil dari insentif akan kami serahkan kepada pemerintah daerah NTT. Kemudian kita membawa 25 alat tambahan, alat peraga teknologi yang juga bisa dilihat oleh anak-anak kita semua. Bagi kami pendirian science center akan sangat mudah untuk dilakukan, namun yang penting adalah bagaimana mengembangkan. Hari ini pendirian science center genap yang ke-27 di NTT, dan dari jumlah 27 itu tidak semua berkembang bagus. Science center berkembang itu yang pertama dikunci adalah pemerintah daerah, khususnya itu pimpinan daerah. Bagaimana menunjuk OPD atau unit yang mengelola. Jadi sebagai gambaran, dari 27 science center yang sudah berdiri dikelola oleh beragam, ada Litbang, Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Pariwisata. Jadi saya kira jangan sampai salah menunjuk sebab pendirian atau pengelola science center itu harus dikelola oleh unit yang punya jiwa mendidik, jiwa melayani sebab anak-anak yang datang menyaksikan alat peraga itu mereka haus akan informasi tentang sains. Jadi kalau anak-anak datang dibiarkan bermain sendiri itu adalah suatu hal yang kurang tepat sehingga siapa pun yang ditunjuk sebagai pengelola harus memiliki jiwa pelayanan dan mendidik.
Saya kira kebijakan bapak Gubernur beberapa tempat adalah mewajibkan anak-anak didik berkunjung ke tempat seperti ini, sebab pengalaman menyatakan bahwa anak-anak yang sering berkunjung ke sini menginspirasi terhadap sains dan beberapa anak-anak yang sukses. Akhir kata mohon perkenan bapak Gubernur meresmikan science center yang sudah diberi nama Mamuli Science and Technology Education Center Nusa Tenggara Timur, ucap Direktur PP-IPTEK.



Pusat Peragaan Iptek atau disebut juga Puspa Iptek merupakan sumber belajar Iptek non formal yang dibangun untuk melengkapi sarana belajar Iptek formal di sekolah. Puspa Iptek memiliki tujuan sebagai wahana pembudayaan Iptek sejak dini, memasyarakatkan sains dan teknologi kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dengan cara yang mudah dan menyenangkan, serta memotivasi generasi muda untuk lebih kreatif melalui peragaan interaktif. Dengan demikian Puspa Iptek diharapkan dapat berperan aktif dalam menciptakan “SDM Unggul”.
Pengunjung yang hadir tampak antusias mengamati, menikmati, dan mencoba berbagai alat peraga yang disajikan. Saat ini pemerintah Prov. NTT telah menyiapkan master plan pembangunan gedung Puspa Iptek Prov. NTT terinspirasi dari Mamuli, salah satu alat atau ornamen perhiasan yang sering dipakai oleh wanita Sumba pada upacara adat. Bentuk mamuli menyerupai alat reproduksi wanita. Dengan mengusung konsep Mamuli, gedung Puspa Iptek Prov. NTT merepresentasikan makna rahim inovasi, yakni tempat atau wadah lahirnya generasi yang menguasai Iptek dan inovasi NTT, serta menginspirasi dan mendorong berbagai karya inovasi baru lainnya yang akan dihasilkan.
    Dalam program pendirian Puspa Iptek di daerah, Kemenristek/BRINmelalui PP-IPTEK menyampaikan bantuan alat peraga berupa hibah, sebanyak 13 buah alat peraga interaktif, yaitu alat peraga Menurun ke Atas, Katrol, Halilintar, Bola Listrik, Gyro Extreem, Tebak Tanggal Lahir, Harpa Tanpa Dawai, Menara Hanoi, Penjumlahan Segitiga, Cincin Bermusuhan, Film Kartun, Generator Van Dee Graft, dan Baterai Tangan yang saat ini sudah dioperasikan. Selain alat peraga hibah, PP-IPTEK juga menyajikan 25 alat peraga Iptek interaktif dan program sains menarik yang dibawa dari Jakarta dalam rangka memeriahkan peresmian Puspa Iptek Prov NTT. Diharapkan melalui hibah alat peraga Iptek, dapat memicu pemerintah daerah dan stakeholder terkait untuk mengembangkan Puspa Iptek Prov. NTT.
    Puspa Iptek Prov. NTT ini merupakan Puspa Iptek ke-27 yang dikembangkan oleh Kemenristek/BRIN atas inisiasi daerah setempat. Peresmian Puspa Iptek ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-24 yang puncaknya telah dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2019 di Kota Denpasar, Bali.
         


Peragaan Iptek interaktif merupakan sebuah kegiatan pameran alat-alat peraga yang bersifat mobile atau portable bertema sains dan teknologi yang dapat pengunjung coba secara langsung. PP-IPTEK juga menyajikan program sains Mini Workshop dimana pengunjung membuat hasil karya dengan memadukan sains dan seni seperti membuat bentuk Polygonal dengan menggunakan tusuk gigi dan marshmallow dan membuat Roket Kertas yang hasil karyanya dapat dibawa pulang oleh pengunjung. Ada juga Science Show yang menampilkan fenomena-fenomena sains atraktif dengan melibatkan pengunjung sehingga menjadi sebuah kegiatan sains yang menarik dan interaktif dengan tema fire, kimia, tekanan, dan sebagainya.
Selain itu, ada Science Corner yang menyajikan kegiatan sains dengan bahan-bahan sederhana yang memberikan tantangan kepada pengunjung untuk berpikir dengan sains seperti Dart, Kutu Kopter, Sate Balon, dan Akrobatik Kertas. Terakhir ada Demo Peluncuran Roket Air yang menampilkan eksperimen sains sederhana dengan bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita seperti botol plastik berkarborasi yang diisi oleh tekanan dan air sebagai bahan pendorong sehingga menjadi aplikasi sederhana dari Hukum Newton dan mengungkap sisi lain dari sains.
Kehadiran Puspa Iptek Prov. NTT diharapkan dapat membuka lebih luas wawasan dan pemahaman Iptek masyarakat di Prov. NTT, khususnya pelajar dan memperkuat kapabilitas pendidik dalam menciptakan media pembelajaran Iptek di sekolah. Kegiatan ini pun menjadiajangpromosi PP-IPTEK, Kemenristek/BRIN sebagai science center pertama di Indonesia mempersiapkan SDM Iptek yang unggul sesuai dengan visi dan misi negara.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)