Breaking News

WORKSHOP WATER ROCKET FUN & SKY PARTY 2008

Dalam rangka menumbuhkembangkan semangat dan kreasi para pelajar dalam bidang Iptek kedirgantaraan dan antariksa, pada pekan ini di PP-IPTEK akan di selenggarakan dua kegiatan workshop yakni: Water Rocket Fun dan Sky Party 2008

Water Rocket Fun merupakan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap sains khususnya bidang Iptek antariksa. Bagaimana memahami beberapa konsep dasar fisika seperti: Gaya, Hukum Newton dan Gerak vertikal ke atas yang dikemas dengan menarik melalui workshop pembuatan Roket Air ini. Waktu pelaksanaan pada hari Rabu, 22 Oktober 2008 pukul 09.00 -14.00 WIB. Pada workshop ini siswa akan diberikan beberapa teori dan materi pembuatan roket air seperti: Physics Theory on Water Rocket; Desain dan Konstruksi Water Rocket; Praktek Pembuatan Water Rocket; Peluncuran Water Rocket; Analisa Kesalahan Desain dan Konstruksi Water Rocket; Analisa Data Peluncuran & Diskusi. Dalam semua kegiatan tersebut siswa akan dibimbing oleh mentor-mentor berpengalaman dari PP-IPTEK.

Water Rocket Fun kali ini ditujukan bagi siswa SMP dan SMA. Tiga peserta terbaik dalam workshop ini akan mendapatkan tiket untuk mengikuti Kompetisi Roket Air tingkat nasional tanggal 9 Nopember 2008 di Bantul, Yogyakarta. PP-IPTEK yang selalu menaruh perhatian besar pada pengembangan kreativitas iptek pelajar indonesia, tidak henti-hentinya memberikan dorongan kepada para pelajar untuk menekuni kegiatan riset bidang iptek antariksa. Bahkan sejak tahun 2005, PP-IPTEK telah beberapa kali memberikan bimbingan dan pelatihan kepada ribuan pelajar di Indonesia mengenai pengenalan dan rekayasa teknik pembuatan roket air.

Sedangkan Sky Party merupakan kegiatan kemah ilmiah astronomi yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 25-26 Oktober 2008. Pada kegiatan ini para peserta diajak untuk mengeksplorasi antariksa dan mengobservasi benda-benda langit dengan bimbingan ahli astronomi. Selain bersama dengan ahli astronomi mengamati langit dengan teleskop canggih, peserta juga akan dibekali pengetahuan astronomi sesuai objek observasi yang diamati, maupun informasi-informasi populer terbaru tentang objek tersebut. Peserta juga diajak membuat instrumen peralatan astronomi sederhana berikut cara penggunaannya, serta melakukan simulasi dan games-games astronomi untuk menambah pemahaman peserta terhadap ilmu astronomi dan hukum-hukum fisika yang berlaku. Materi yang akan diberikan antara lain: Introduction Pengetahuan Dasar Astronomi; Simulasi dan Games Interaktif; Peneropongan Benda Langit (malam & pagi hari). Kegiatan Sky Party ini ditujukan untuk pelajar tingkat SMP atau sederajat. Informasi lebih lanjut mengenai 2 kegiatan diatas silahkan menghubungi nomor telepon 021-8401488/87 dengan Wulan/Dedy.

Untuk terus dapat melahirkan bibit-bibit teknolog bidang iptek dirgantara dan antariksa yang berkualitas, pada tanggal 25-27 Nopember 2008 di PP-IPTEK juga akan diselenggarakan kegiatan workshop “Space for Education” yang akan diikuti oleh 200 orang guru dari 200 sekolah mulai tingkat SD sampai SMA se-JABODETABEK. Dari workshop ini diharapkan nantinya guru dapat menjadi inspirator dan agen ilmu pengetahuan kedirgantaraan dan antariksa bagi para anak didiknya. (humasPP-IPTEK)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)