Breaking News

Alat Peraga PP-IPTEK Kembali Hadir di JCC

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) – TMII kembali menggelar alat peraga interaktif di Jakarta Convention Center (JCC) dalam acara 7th Bobo Fair 2009. Event yang diselenggarakan oleh Kompas Gramedia Group (KKG) ini berlangsung selama lima hari, 1 s.d 5 Juli 2009, dengan tema “Aku dan Teknologi”. Tema tersebut diangkat sejalan dengan pesan dari Dr. Sudjatmoko, putera bangsa yang pernah menjadi rektor Universitas PBB di Jepang, yang mengingatkan bahwa bangsa kita boleh saja tidak masuk kategori bangsa yang kuat dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi seyogyanya dan paling tidak, punya kesadaran sikap untuk akarab terhadap itu sejak dini.

Pameran yang digelar bertepatan dengan masa liburan sekolah menjadi tempat alternatif yang tepat dan sangat layak untuk dikunjungi oleh keluarga. Ikut berpartisipasi dalam pameran ini perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang pendidikan, penerbitan, rekreasi dan dunia anak-anak. Berbagai kegiatan seperti workshop, lomba menyanyi, pertunjukan tari, talkshow, operet dan berbagai kegiatan menarik lainnya masuk dalam rangkaian acara kali ini.

PP-IPTEK sendiri menampilkan 15 alat peraga di 2 lokasi terpisah, 13 alat peraga di area Techno Zone Main Lobby, dan 2 alat peraga lainnya di Hall Cendrawasih stand C35. Techno Zone PP-IPTEK yang lokasinya didepan pintu utama menjadi stand pertama yang langsung dihampiri oleh kebanyakan pengunjung yang masuk. Ratusan orang masuk setiap harinya ke Techno Zone PP-IPTEK, paling tidak dalam 3 hari pertama. Bisa dipastikan stand PP-IPTEK akan lebih dipadati pengunjung pada 2 hari terakhir pameran, yang jatuh pada hari Sabtu & Minggu besok.

Seperti pameran PP-IPTEK sebelumnya, teryata, generator Van de Graff lah yang menjadi daya tarik pengunjung untuk masuk ke area peragaan PP-IPTEK. Rambut berdiri bak landak yang sudah terlihat dari luar antrean pintu masuk, membuat pengunjung bergegas langsung menghampiri sambil berbisik “Mr. Bean….”. Dari mulai anak-anak, remaja sampai orang dewasa-pun mencoba alat peraga ini, bahkan ada yang sampai berkali-kali. Fenomena rambut berdiri yang ditampilkan sangat baik karena suhu dan kelembaban udara diruangan JCC mendukung, seperti di galeri PP-IPTEK.

“Listrik statis, gesekan antara karet ban dengan logam meghasilkan muatan sejenis yang terkumpul di bola logam, kemudian muatan tersebut mengalir keseluruh tubuh dari dari ujung rambut sampai ujung kaki. Muatan sejenis yang mengalir ke ujung-ujung rambut akan tolak-menolak sehingga menyebabkan rambut berdiri, karena gaya tolak yang dihasilkan lebih besar dari berat rambut”, begitulah kira-kira jawab Mala, pemandu yang bertugas hari ini, menanggapi lontaran pertanyaan dari pengunjung. Uji konsentrasi, Mikroskop, film kartun, dan kursi paku adalah beberapa alat peraga yang juga banyak diperagakan oleh pengunjung.

Selain alat peraga, dihari ke-tiga pameran, Jumat (03/07/09) pukul 19.00 s.d 20.00 wib, PP-IPTEK juga mendapat kesempatan menambah pengetahuan pengunjung dengan menampilkan Demonstrasi Sains diarena Panggung Kidnesia, Assembly Hall. Selain itu PP-IPTEK juga akan menggelar Workshop Amazing Papper di area workshop Main lobby hari Sabtu dan Minggu (04-05/07/09) pukul 10.00 – 10.30 wib dan 16.00 – 16.30 wib. (PP-IPTEK)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)