2015, Tahun Cahaya Internasional | Pendaftaran Kompetisi Roket Air Regional Jabodetabek telah dibuka!

Kamis, November 05, 2009

Kegiatan Wisata Iptek dan Temu Pakar di Pekanbaru Riau

Tanggal 31 Oktober 2009 di kota Pekanbaru, Riau, Kementerian Negara Riset dan Teknologi bekerjasama dengan dinas Pendidikan kota Pekanbaru menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknologi untuk para pelajar dan guru daerah setempat. Kegiatan ini bertema Wisata Iptek dan Temu Pakar. Dihadiri oleh 150 pelajar yang didampingi oleh perwakilan Kepala Sekolah dan Guru, kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber termasuk diantaranya dari Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK).

Kegiatan dimulai pukul 07.30 tepatnya berlangsung di Puswil (Pustaka Wilayah), Pekanbaru Provinsi Riau. Materi pertama yang disampaikan adalah tentang Virgin Coconut Oil (VCO) atau Minyak Kelapa Murni yang dalam produksinya, VCO hanya memerlukan proses teknolgi sederhana dan tidak memerlukan peralatan canggih. Materi kedua adalah tentang budidaya ikan.

Kesempatan berikutnya adalah praktek dan demonstrasi Iptek yang disampaikan oleh Bpk. Hendra Suryanto dari PP-IPTEK. Pada sesi ini disampaikan terkait dengan alat peraga Iptek yang telah ada di Riau a.l: alat peraga kursi paku, alat peraga jembatan lengkung, dan alat peraga katrol. Setiap praktek dan demontrasi ketiga alat peraga tersebut diakhiri dengan sesi tanya-jawab dengan peserta.

Beberapa percobaan iptek sederhana yang menarik selain alat peraga, juga dibawakan oleh Pak. Hendra seperti: demo hukum Bernoulli, tiupan lembaran kertas beserta penjelasannya melalui paparan makalah tentang “Mengenal Pesawat Terbang”, termasuk helikopter. Serta paparan soal-soal problem solving seperti: bagaimana mengeluarkan bola pingpong dari dalam pipa besi di lantai; bagaimana melepaskan diri dari ancaman singa; bagaimana melewati jurang yang dalam; dan bagaimana menentukan jarak antar dua tiang bendera (hukum pitagoras).[pp-iptek]

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar