Breaking News

Partisipasi PP-IPTEK Dalam The 2009 Association of Science – Technology Centers (ASTC)

The Association of Science – Technology Centers (ASTC) di AS kembali menyelenggarakan konferensi tahunan yang berlangsung pada tanggal 30 September – 3 November 2009. Kali ini tuan rumahnya adalah the Fort Worth Museum of Science and History di Fort Worth – Texas. Tema yang diangkat adalah : “The Art of Science - Creating a Better Future”. Direktur PP-IPTEK, Finarya Legoh, berkesempatan untuk berpartisipasi dalam konferensi tersebut, karena mendapatkan Lee Kimche McGrath Worldwide Fellowship Award, yang memberi kesempatan kepada satu orang pimpinan / CEO pada komunitas science center internasional di luar AS untuk mengikuti konferensi ASTC tahunan. Award yang bergengsi ini mensyaratkan agar penerima award memperkenalkan science center-nya kepada peserta dalam konferensi.

Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh PP-IPTEK untuk mencari peluang kerjasama dengan science center dan museum iptek terutama di AS, dengan para donatur dan yayasan, serta sekaligus meninjau pengembangan program, alat peraga interaktif dan iptek yang tengah dikembangkan oleh science center di AS dan negara maju lainnya.

Salah seorang keynote speaker dalam konferensi tersebut adalah Ansari Anousheh, yang merupakan peneliti dan business woman dalam bidang astronomi. Menarik untuk disimak cerita Ansari yang datang ke AS dari Iran di usia 14 tahun tanpa bisa berbahasa inggeris, namun mempunyai mimpi yang kuat untuk dapat menjelajah alam raya. Hal ini akhirnya dapat terlaksana, Ansari mengikuti misi Soyuz TMA-9 selama 8 hari. Pengalamannya yang luar biasa dipaparkan di blog dan face book kepada remaja, agar mereka juga menyenangi iptek. Kata kunci yang diberikan adalah “dreaming, exploration, creativity and innovation” yang dapat memacu seseorang dalam pengembangan iptek.

Peserta Konferensi Tahunan ASTC 2009 berjumlah sekitar 1500 orang, berasal dari AS dan berbagai negara lainnya. Konferensi dibagi atas berbagai topic sessi, yang intinya adalah : connecting art and science, funding exploration, professional development. Pameran produk dan jasa untuk science center dan museum iptek ikut menyemarakkan kegiatan ini. Dominasi terlihat pada pengembangan astronomi, nano technology, climate change, serta jasa peragaan iptek keliling. Selain itu, dengan topic yang kuat untuk creating a better future, banyak didiskusikan teori, metoda dan sistematika untuk mengkomunikasikan sains kepada public. Selain itu,para peserta Konferensi berkesempatan untuk meninjau the Fort Worth Museum of Science and History yang baru saja dipugar, lengkap dengan atraksi cowboy-nya.

Menarik untuk disimak, NASA ikut berpartisipasi dengan program astronomi climate change, demikian pula NOAA dalam climate change. Kedua lembaga tersebut juga menyediakan funding bagi proposal yang menarik dan tepat untuk kedua topik tersebut. Bahkan Intel-pun tidak ketinggalan berpartisipasi dalam funding untuk professional development.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)