Breaking News

Outreach PP-IPTEK Di BPK Penabur Gading Serpong

Pusat Peragaan IPTEK ( PP-IPTEK ) TMII menggelar outreach utnuk yang kesekian kalinya. Kali ini kegiatan kegiatan outreach tersebut berlangsung di SDK Penabur Gading Serpong, Tangerang Banten, bertempat di Aula sekolah berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 27 April sampai 29 April 2010, mulai dari pukul 07.30 – 13.30 WIB, dengan menggelar 30 alat peraga, yang bertemakan matematika, fluida dan energy dan demonsterasi sains sekitar 20 judul percobaan.

Bermula dari konfirmasi pemesanan program ini yang hanya 2 hari, pada akhirnya kepala sekolah memutuskan untuk diperpanjang menjadi 3 hari. Keputusan ini muncul tepatnya pada saat hari pertama pembukaan kegiatan ini, Kepala sekolah menilai acara tersebut sangat baik dan sangat bermanfaat bagi siswa dan guru di SDK Penabur Gading Serpong, dengan melihat antusiasme mereka saat mengikuti kegiatan tersebut. Pertimbangan lainnya, karena ada beberapa kelas yang tidak dapat mengikuti kegiatan ini jika hanya diadakan selama 2 hari. Dari penilaian tersebut kepala sekolah mengharuskan seluruh siswa untuk mengikuti kegiatan outreach yang PP-IPTEK sajikan.

Semua alat peraga yang disajikan sangat menarik bagi siswa, namun ada alat peraga yang menjadi fokus perhatian antara lain Penyelam Cartesian dan Batere Tangan, karena kedua alat tersebut fenomena sainsnya dapat langsung dirasakan oleh siswa, seperti Penyelam Cartesian apabila siswa memberian tekanan pada permukaan air menyebabkan tekanan di dalam air meningkat di berbagai arah, akibatnya boneka penyelam yang ada di dalam akan mengecil, dan volume air yang di dalamnya bertambah. Sehingga boneka penyelam yang awalnya terapung menjadi tenggelam, sedangkan untuk batere tangan, bila siswa menyentuh plat tembaga, maka keringat yang ada pada telapak tangan akan bereaksi dengan logam dan menerima elektron dari logam tersebut. Sedangkan untuk plat almunium, keringat tangan akan memberikan elektron pada plat tersebut, yang mengakibatkan plat almunium menjadi kelebihan elektron sedangkan plat tembaga kekurangan elektron. Sehingga menimbulkan arus listrik. Selain itu ditampilkan juga demonstrasi sains disetiap sesinya, siswa juga ikut terlibat dalam demonstrasi sains ini, sehingga dapat mendorong mereka untuk tumbuh dan berpikir tentang APA, MENGAPA dan BAGAIMANA iptek digali dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaan setiap harinya siswa-siswi SDK Penabur Gading Serpong dibagi menjadi 6 sesi, dan setiap sesinya berjumlah 35 orang. Jumlah siswa-siswi yang ikut acara tersebut rata-rata sekitar 210 orang perharinya.

Kegiatan Outreach di BPK Penabur Gading Serpong pertama dibuka dengan demonstrasi sains oleh pemandu, seperti tebak hati, akrobatik kertas, liquid layer, paku tujuh, balon anti bakar dan demostrasi yang menarik lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan eksplorasi alat peraga dengan dibantu oleh pemandu, dan anak-anak sangat antusias dalam mengikuti peragaan dan demonstrasi tersebut dengan didampingi oleh guru mereka. Tanggapan siswa sangat senang, seru dan dapat menambah pengetahuan yang belum diketahui oleh mereka, dan guru-guru menyambutnya dengan antusias mereka sangat terbantu dengan adanya alat-alat peraga ini, sehingga memudahkan untuk menjelaskan fenomena sains kepada siswa. Kapan ya outreach PP-IPTEK ada di sekolah mu???[adi/prg/pp-iptek]

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)