Blog Archive

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin || Pendaftaran Kontes Robot 2014 diundur sampai dengan 8 Agustus 2014

Sabtu, Mei 15, 2010

SMPN 1 Jakarta Ikuti Kegiatan Science Camp di PP-IPTEK

Sabtu 15 Mei 2010 tidak kurang dari 82 orang siswa-siswi SMPN 1 Jakarta yang didampingi oleh 8 orang guru mengikuti kegiatan Science Camp di Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK). Science Camp PP-IPTEK merupakan perkemahan di alam terbuka yang bermanfaat melatih kemandirian sekaligus meningkatkan pemaham berbagai konsep dasar science melalui kegiatan pengamatan dan penelitian ilmiah.

Kegiatan perkemahan yang berlangsung selama dua hari ini (15 s/d 16 Mei) dibuka sekitar pukul 14.00 WIB oleh Bapak Hendra Suryanto. Pada pembukaan ini disampaikan berbagai hal dan aktifitas apa saja yang akan dilakukan selama kegiatan tersebut berlangsung sekaligus perkenalan para mentor dengan siswa-siswi peserta Science Camp.

Setelah acara pembukaan para peserta langsung sudah berkumpul sesuai dengan kelompoknya diajak oleh mentornya masing-masing untuk melakukan kegiatan pertama dalam rangkaian kegiatan Science Camp yaitu “Eksplorasi Alat Peraga Sains” di galeri PP-IPTEK. Pada kegiatan ini para peserta diminta untuk mengamati dan mencoba salah satu alat peraga untuk kemudian membuat rengkuman dan kesimpulan hasil pengamatan yang mereka lakukan. Laporan hasil eksplorasi ini kemudian dipresentasikan perkelompok di depan seluruh peserta yang lain.

“Literacy Science Night” merupakan aktifitas yang akan diikuti para peserta dihari pertama ini. Kegiatan ini berisi workshop membuat kamera Obscura yang dilanjutkan dengan pengamatan benda langit seperti Bintang, Planet, Bulan, dan lain sebagainya. Setelah melakukan pengamatan benda langit, para peserta diajak menuju ke ruang Auditorium untuk menyaksikan Science Cinema tentang Astronomi.

Rangkaian kegiatan pada hari pertama ini ditutup dengan acara api unggun dan game yang disajikan oleh para mentor dan melibatkan seluruh peserta kegiatan. Sekitar pukul 22.45 WIB para peserta dipersilahkan menuju tendanya masing-masing untuk beristirahat agar siap melakukan berbagai aktifitas pada hari berikutnya.[pp-iptek]

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar