Breaking News

KONTES ROBOT di JATENG FAIR 2010


Robot merupakan alat mekanik dan elektronik yang mampu melakukan berbagai tugas fisik baik dengan pengawasan dan kontrol manusia atau operator maupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu. Berbagai tugas berat ataupun tugas yang harus dilakukan berulang dapat menggunakan teknologi ini. Robot biasanya diidentikan dengan teknologi yang tinggi, masyarakat akan menganggap negara yang mampu membuat robot merupakan negara yang memiliki teknologi yang tinggi dan maju.

Tidak terkecuali Indonesia. Dalam rangka menjaring minat dan bakat pelajar dalam teknologi robot, belum lama ini telah diadakan kompetisi robotik bagi pelajar se-Jawa Tengah. Kompetisi yang diadakan di arena JATENG FAIR 2010 ini mampu menarik minat dan antusiasme para pelajar untuk turut serta dalam kompetisi ini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang bertanding.

Kompetisi robotik ini sendiri dibagi menjadi dua kategori yaitu kelompok junior dan kelompok senior. Ada dua poin yang menjadi kriteria penilaian dari kompetisi yang diberi nama Robot Line Contest ini antara lain kemampuan robot dalam menyusuri garis atau alur yang sudah ditentukan dan kecepatan robot untuk mencapai garis finish.

Pada kegiatan Robot Line Contest ini robot peserta lomba dituntut untuk dapat belok kanan, belok kiri, maju dengan kecepatan tinggi serta menanjak dan menuruni bukit. Robot peserta juga harus mampu untuk manuver membentuk lingkaran. Ada tiga zona aman yang disediakan panitia, bila robot peserta mengalami kendala ditengah jalan, maka mereka harus mengulang start dari zona aman terdekat. Robot yang rata-rata berbentuk mobil ini disediakan waktu selama maksimal 3 menit untuk mencapai garis start. Mengingat sulitnya medan yang berliku dan bergelombang, tidak jarang robot peserta keluar dari arena lomba.

Setelah melalui persaingan yang cukup ketat dan dukungan dari penonton, akhirnya didapat tiga pemenang dari masing-masing kategori yang dilombakan. Pemenang untuk kategori junior antara lain Andi Riansyah dan Abdul Aziz dari SMP IT Harapan Bunda Semarang sebagai juara pertama, M Nabil Dhiyaulhaq DZ dan Nasrullah Faizal dari MTsN Kudus sebagai juara kedua, M Ridho dan Reza Kurniawan dari SMPN 1 Kudus sbagai juara ketiga. Selain itu robot dari dua orang pelajar SMPN 1 Kudus ini juga terpilih sebagai robot dengan desain terbaik.

Sementara itu dari kategori senior pemenang dari kompetisi robotik ini antara lain Eko Budi S dan Raditya Candra B dari SMAN 1 Salatiga sebagai juara pertama, M Abdurrohman dan M Zaenal Arifin dari SMK Wisudha Karya Kudus sebagai juara ketiga, Monas Sinto dan Moh Toriq Abidin dari SMK Wisudha Karya Kudus sebagai juara ketiga. Sedangkan untuk robot dengan desain terbaik yang terpilih dari kategori ini merupakan buatan dua orang siswa dari SMK Texmaco Semarang, Dwi Cahyo P dan Ahmat R.

Demi menjaring minat peserta terhadap teknologi khususnya robotic, kegiatan serupa rencananya juga akan diselenggarakan di daerah lannya di Jawa Tengah. [pp-iptek]

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)