Breaking News

TINGKATKAN KREATIFITAS MENGAJAR DENGAN “PLAY WITH SCIENCE”

Minggu, 8 Agustus 2010, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (PP-IPTEK) mengadakan acara “Play With Science”. Acara ini merupakan Workshop sehari, ditujukan bagi guru TK dan Play Group yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan pemahaman agar dapat mengajarkan sains pada anak usia dini dengan mudah dan menyenangkan. Peserta juga di pacu untuk lebih semangat mengajarkan sains kepada siswa sejak usia dini.

Bermain adalah suatu kegiatan yang sangat menarik dan menghibur bagi anak-anak. Dengan bermain keseimbangan motorik anak akan terlatih sehingga dapat menggugah dan meningkatkan keterampilan serta kecerdasan berpikir.

Bagi orang dewasa, permainan biasanya merupakan serangkaian aktifitas fisik yang bertujuan untuk mengisi waktu luang seperti berolahraga ataupun bersenang-senang. Bagi anak, permainan berarti pelajaran. Berbagai ilmu dan pengalaman bisa didapat seorang anak dalam sebuah permainan. Permainan tidak hanya dapat dilakukan dirumah, tetapi dapat juga dilakukan di sekolah, khususnya untuk sekolah anak usia dini.

Pada sekolah Taman Kanak-kanak ataupun Play Group, kreatifitas seorang pengajar atau guru dalam memberikan suatu pengajaan sangat diutamakan. Hal ini dikarenakan cara memberikan pelajaran pada anak usia dini sangat berbeda dengan cara memberikan pelajaran pada anak yang usianya lebih besar.

Permasalahan yang banyak dihadapi oleh para pendidik di sekolah sejak dulu adalah begaimana mereka dapat terampil menciptakan metode pembelajaran sains yang kreatif dan menyenangkan untuk dapat diaplikasikan kepada para siswa serta menjelaskan makna sains yang terkandung di dalamnya secara lebih mudah untuk diterima oleh pola pikir anak-anak melalui suatu bentuk permainan interaktif.

Dalam workshop ini seluruh peserta diajak untuk mengupas bagaimana sains secara lebih dalam yang dapat diaplikasikan melalui suatu permainan, dan bagaimana merancang permainan-permainan sains sederhana.

Workshop dibagi dalam 2 sesi, pada sesi pertama diadakan kuliah terbuka yang disampaikan oleh Hendra Suryanto yang di beri judul Otak & Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligence) dan Pengembangan Kreativitas. Kemudian dilanjutkan oleh Science Activity yang disampaikan dengan begitu luar biasa oleh Jenny Kaligis. Jenny Kaligis adalah seorang yang sangat memerhatikan perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Berbagai jenis permainan sains disampaikan oleh Beliau, seperti melukis dengan cat yang dicampur minyak, air dan sabun, kemudian membuat berbagai stempel dari bahan buah-buahan, dan lain sebagainya. Dengan harapan anak-anak sejak dini mengenal sains dengan cara yang menyenangkan sehingga kedepannya anak tersebut dapat tumbuh dengan penuh kecintaan terhadap sains, dan menjadikan sains sebagai pilihan karie masa depan.[ag/pp-iptek]

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)