Breaking News

SMP Pax Eclesia Juarai Kompetisi Roket Air Se-JADEBOTABEK

Setelah menyelenggarakan workshop roket air pada hari sebelumnya, Minggu ini (26/9) Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) menggelar kompetisi roket air tingkat JADEBOTABEK. Lebih dari 145 pelajar SMP se-JADEBOTABEK mendaftarkan diri untuk menjadi peserta dalam kompetisi ini.

Kompetisi roket air dibuka tepat pukul 07.30 oleh Direktur PP-IPTEK, Sukro Muhab ditandai dengan meluncurnya dua buah roket ber-parasut ke udara. Pengunjung dan peserta kompetisi menyambut dengan meriah roket hasil pengembangan dari tim PP-IPTEK ini. “Pengen buat roket yang lebih tinggi dari roket itu” ujar salah satu peserta kompetisi roket.

Dalam kompetisi roket air ini ada beberapa kriteria penilaian yang diberlakukan. Penilaian ini dimaksudkan agar peserta yang menjadi pemenang adalah peserta yang memiliki kompetensi yang baik, secara akademis maupun secara komunikasi, mengingat peserta-peserta ini nantinya diharapkan dapat mewakili Jakarta dalam Kompetisi Roket Air tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Palembang pada tanggal 4 Oktober 2010 dan mewakili Indonesia pada Kompetisi Roket Air tingkat Internasional yang akan dilaksanakan di Melbourne, Australia pada bulan November. Pada tes tertulis, peserta diharuskan menjawab beberapa pertanyaan seputar roket air. Tes tertulis ini memiliki bobot penilaian 15%.

Setelah tes tertulis, para peserta langsung memulai aktifitas mereka untuk mendesain dan merakit roket air yang akan diluncurkan. Setiap peserta terlihat sangat serius dalam merancang dan membuat roket, apalagi mengingat bobot penilaian untuk peluncuran sangat besar yakni 85%.

Ketika babak seleksi akan dilaksanakan, wajah-wajah tegang tapi penuh keingintahuan berkumpul di lokasi peluncuran. Para peserta harus terlebih dahulu mendaftarkan roket buatannya kemudian bersiap-siap di zona tunggu, menunggu giliran untuk meluncurkan roket terbaik hasil karya masing-masing.

Masing-masing peserta memiliki dua kali kesempatan untuk meluncurkan roket ke target sejauh 60 meter. Target yang menjadi sasaran roket ini berupa lima buah lingkaran, dengan diameter lingkaran terdalam selebar 2 meter. Semakin dekat jatuhnya roket pada pusat target maka nilai yang didapat akan semakin besar. Setelah melakukan peluncuran pertama, peserta dapat memperbaiki dan mempersiapkan roketnya kembali untuk peluncuran yang kedua.

Dari ratusan roket yang dibuat, tidak jarang roket meluncur ke tempat yang tidak semestinya, misalnya ke arah penonton atau langsung terbang menungkik ke kanan maupun ke kiri. Ketrampilan untuk menyesuaikan beban, menempatkan fin serta bentuk fin adalah beberapa faktor yang menjadi penentu arah luncuran roket.

Setelah melewati persaingan yang ketat, akhirnya didapat tiga pemenang dalam kompetisi ini. Maria Christina dari SMP Pax Eclesia keluar sebagai juara pertama, Desty Gevania dari SMPN 177 sebagai juara kedua, dan Kevin Ananda Kusuma dari SMP Pax Eclesia sebagai juara ketiga. Para peserta yang menjadi juara tingkat regional ini berhak mengikuti kompetisi roket air tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Palembang 4 Oktober yang akan datang.[pp-iptek]

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)