Breaking News

6 Finalis Bersaing Ketat Pada Kompetisi Matematika Tingkat SD di PP-IPTEK

Minggu 7 November 2010, Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) menyelenggarakan kompetisi Matematika bagi siswa Sekolah Dasar. Kompetisi yang bertujuan untuk membangkitkan minat pelajar khususnya siswa Sekolah Dasar dalam menerapkan matematika di kehidupan sehari-hari dengan menggali pemahaman terkait dengan logika matematika dalam percobaan dan aplikasi perhitungan ini diikuti oleh puluhan siswa Sekolah Dasar se Jadebotabek.

Kompetisi Matematika merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan PP-IPTEK sebagai bentuk sosialisasi dan pembudayaan iptek yang lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh masyarakat, dan peningkatan kompetensi serta motivasi anak dalam pembelajaran sains khususnya Matematika secara utuh dan maksimal.

Kompetisi Matematika ini terbagi atas tiga babak antara lain, babak pertama, babak kedua, dan babak final.

Pada babak pertama, seluruh peserta dihadapkan pada soal tertulis yang terkait dengan logika matematika, maupun penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Setiap peserta diberikan waktu selama 1 jam untuk dapat menyelesaikan 40 soal pertanyaan yang diberikan.
Pada babak kedua peserta kembali harus menjawab soal tertulis. Soal yang harus diselesaikan kali ini bersifat analisis, sehingga masing-masing peserta harus dapat memberikan jawaban sejelas mungkin, serta masing-masing jawaban harus disertai dengan alasan dan alur penyelesainan masalah yang tepat. Enam orang yang medapatkan nilai tertinggi pada babak pertama dan kedua berhak mengikuti babak final.

Pada babak final yang merupakan babak penentuan pemenang, para finalis bersaing dengan sengit dalam menjawab setiap soal pertanyaan yang dilontarkan oleh dewan juri dalam format quiz interaktif. Terlihat setiap finalis berusaha mengeluarkan kemampuan terbaik mereka pada babak final kompetisi Matematika ini.

Setelah hampir satu setengah jam bersaing sengit dan membuat jantung penonton yang menyaksikan berdebar karena persaingan nilai yang ketat, akhirnya didapat pemenang dalam kompetisi ini. Juara pertama diraih oleh Fauzan Hanandito, dari SDIT At Taufiq Bogor. Juara kedua diraih oleh Adrianzka MDR, dari SDI Al Azhar 9 Kemang Pratama. Juara ketiga diraih oleh Vincent Tandya, dari SDK Penabur Gading Serpong. Sedangkan untuk juara harapan satu diraih oleh Assyifa Gita Firdaus, dari SDI Al Azhar 5. Juara harapan dua diraih oleh Hans Mahadika Susanta, dari SD St. Peter, dan juara harapan tiga diraih oleh M. Sabila Haqqi, dari SDI Plus Daarul Jannah.[pp-iptek]

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (1) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (2) Kerjasama Nasional (18) Kompetisi (10) Kompetisi Roket Air (11) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (1) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (5) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (18) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (1) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (2) Workshop (12) Workshop Guru (2)