Breaking News

Perluas Cakrawala Pengetahuan Dengan Science Camp

Ilmu pengetahuan tidak hanya dapat diperoleh di bangku sekolah atau di dalam kelas. Hal ini dibuktikan oleh para siswa dan siswi SMPN 45 Jakarta. Pada Rabu dan Kamis (15-16/12) ini, mereka mengikuti satu program perkemahan yang di dalamnya diisi oleh berbagai kegiatan sains yang menyenangkan dan interaktif. Kegiatan yang diberi nama Science Camp ini diadakan oleh Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa pada bidang sains sekaligus menumbuhkan kecintaan pada alam dan lingkungannya.

Meskipun kegiatan science camp merupakan salah satu program yang sudah terjadwal setiap tahunnya, namun kegiatan perkemahan kali ini diadakan atas permintaan khusus SMPN 45. Kegiatan dibuka tepat pukul 14.00 oleh Kepala Divisi Operasi PP-IPTEK Hendra Suryanto sekaligus pembagian kelompok dan perkenalan para siswa dengan para mentor PP-IPTEK yang akan mendampingi mereka selama kegiatan.

Eksplorasi alat peraga sains merupakan kegiatan pertama dari beberapa rangkaian kegiatan yang akan diikuti para peserta dalam science camp kali ini. Pada kegiatan pertama ini, para peserta diajak untuk mengeksplorasi berbagai alat peraga yang ada di galeri PP-IPTEK. Denga didampingi oleh mentornya, setiap kelompk mulai menganalisa setiap temuan dari hasil eksplorasi yang mereka lakukan. Kesimpulan hasil eksplorasi alat peraga, kemudian dipresentasikan setiap kelompok didepan peserta lainnya.

Setelah rehat sejenak, para peserta yang kreatif ini diajak untuk melakukan aktifitas selanjutnya, yaitu Science Activity. Pada kegiatan science activity, setiap kelompok diminta untuk membuat 5 buah mobil sedotan yang dinamai Fun Fan Car. Fun Fan Car merupakan mobil sedotan yang menjelaskan mengenai beberapa hukum gerak. Fun Fan Car bergerak dengan bantuan dorongan angin yang dihasilkan dari perputaran baling-baling akibat gaya pegas karet yang terpasang di bagian belakang mobil. Fun Fan Car yang telah dibuat masing-masing kelompok kemudian dilombakan. Dua kategori penilaian yang diambil antara lain kestabilan mobil saat melewati lintasan, dan kecepatan laju mobil.

Malam harinya, para peserta dikenalkan dengan dunia luar angkasa melalui Literacy Science Night. Literacy Science Night terbagi atas dua kegiatan yaitu workshop astronomi yang menjelaskan berbagai hal mengenai astronomi, dan pengamatan benda luar angkasa. Meskipun diawali dengan langit yang mendung tertutup awan dan sedikit hujan gerimis, namun dengan penuh semangat peserta terus mengikuti kegiatan yang suda dijadwalkan hingga akhirnya Bulan dan Bintang memunculkan diri dari balik awan. Hal ini tidak disia-siakan oleh para mentor dan peserta yang serta-merta langsung mengamati benda angkasa tersebut dengan menggunakan teleskop.

Sebagai acara penutup pada hari pertama, tiap kelompok unjuk kebolehannya masing-masing pada acara api unggun. Berbagai kretifitas ditampilkan oleh setiap peserta mulai dari yel-yel, menyanyi, sampai puisi. Setelah seharian beraktifitas, para peserta akhirnya kembali ke tenda hangat mereka untuk tidur dan beristirahat agar siap untuk melakukan aktifitas di hari berikutnya.

Kesehatan dan kebugaran jasmani juga menjadi perhatian dalam science camp ini. Setelah sholat subuh, para peserta diajak untuk senam dan melakukan oleh raga ringan sebelum mereka melakukan aktifitas selanjutnya.

Outbound merupakan salah satu kegiatan wajib dalam suatu acara perkemahan. Pada kegiatan outbound ini setiap kelompk diuji kekompakannya dalam melakukan setiap tantangan yang diberikan. Sepeti misalnya dalam permainan Robot A, salah seorang anggota kelompok harus menaiki dan menjalankan bamboo yang sudah dirangkai sedemikian rupa sehingga membentuk huruf A, sementara anggota kelompok yang lain harus menjaga keseimbangan bamboo agar tidak roboh dengan menggunakan beberapa utas tambang. Selain Robot A, beberapa permainan lain yang dilakukan adalah Water Fall, Barongsai, Basket Balloon, Rubber Band.

Kegiatan ditutup tepat pukul 10.00 wib, sekaligus dengan pengumuman kelompok terbaik selama kegiatan berlangsung. Tahun 2011 yang akan datang, rencananya PP-IPTEK kembali akan mengadakan kegiatan science camp untuk siswa SMP, atau bagi sekolah yang berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut secara eksklusif dapat menghubungi 021-8401488.[pp-iptek]

Tidak ada komentar