Breaking News

Tingkatkan Kinerja & Kwalitas Kerja Dengan QCC

Untuk lebih meningkatkan kinerja dan kwalitas kerja para karyawannya, Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) telah menerapkan program Quality Control Circle (QCC) sejak tiga tahun lalu. Diharapkan dengan diterapkannya QCC ini berbagai kendala dan permasalahan yang timbul dalam melaksanakan suatu pekerjaan dapat segera diatasi dan diselesaikan, hal ini akan berdampak pada meningkatnya kwalitas layanan yang diberikan kepada pengunjung PP-IPTEK.

Tahun ini tercatat 9 tim QCC perwakilan dari setiap Sub Divisi PP-IPTEK telah mendaftarkan diri untuk mengikuti pra konvensi yang rencananya akan berlangsung selama 2 hari (18-19/4) di PP-IPTEK. 9 tim tersebut antara lain tim Exhibit dengan tema “Optimalisasi Alat Peraga Seberapa Kuat Kamu Memutar” dan Mapping tim dengan tema “menurunkan Prosentase Pengunjung Yang Tidak Mencoba Peneropongan Matahari” kedua tim tersebut merupakan perwakilan dari Sub Divisi Peragaan. Dari Sub Divisi Program diwakili oleh tiga tim antara lain G-Force dengan tema “Meningkatkan Pemahaman Kepemanduan dan Kesiapan Penggunaan Dua Bahasa”, Amazon dengan judul “Meningkatkan Jumlah Pengunjung Perpustakaan Sebesar 50% dalam Waktu 3 Bulan”, dan Cubby yang mengambil tema “meningkatkan Ketahanan Nose pada Roket Air”.

Sub Divisi Promosi dan Kerjasama diwakili oleh tim Triple S dengan tema QCC “Optimalisasi Pemesanan Layanan Program Reguler”. Sub Divisi Utilitas mengirimkan tim Semut Hitam dengan tema “Pembuatan Signed Jalur Evakuasi”. Dari Sub Divisi Umum ada tim Soneta 2 dengan tema “Mengurangi Keluhan Terhadap Pelayanan Operasional Kendaraan Dinas”, dan terakhir tim Just in Cash yang merupakan wakil dari Sub Divisi Keuangan.

Beberapa poin yang akan menjadi penilaian para juri antara lain bagaimana penentuan permasalahan, tema serta judul yang diambil oleh masing-masing tim, bagaimana setiap tim menganalisa permasalahan yang ada, bagaimana meneliti hasil perbaikan yang telah dilakukan, bagaimana membuat standard baru yang lebih baik, serta bagaimana cara setiap tim dalam mempresentasikan dan menjawab setiap pertanyaan dari para juri.

Lima dari Sembilan tim yang berhasil lolos dalam pra konvensi ini nantinya akan kembali bersaing untuk menjadi tim yang terbaik dalam konvensi yang akan dilaksanakan tanggal 26 April 2011.[pp-iptek]

Tidak ada komentar