Breaking News

Rasakan Sensasi Berbeda Belajar Sains Dalam Science Camp

Kamis 28 April 2011, Sekolah Menengah Pertema Negeri (SMPN) 1 Jakarta ikuti kegiatan Science Camp di Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) TMII. Ini merupakan yang kesekiankalinya, setelah dua tahun sebelumnya berturut-turut SMPN 1 Jakarta Mengikuti kegiatan ini. Kegiatan perkemahan yang berlangsung selama 2 hari (28-29/4/2011) di PP-IPTEK ini sengaja dipesan secara khusus oleh SMPN 1 Jakarta untuk siswa siswi mereka.

“Kami sengaja mengikutsertakan para siswa dalam kegiatan Science Camp ini untuk memberikan sensasi dan pengalaman yang berbeda kepada mereka tentang pengenalan dan pemahaman konsep pembelajaran sains, selain untuk menghilangkan kejenuhan saat belajar di kelas” demikian ucap salah seorang guru yang turut mendampingi siswanya ini.

Kegiatan kali ini diikuti oleh 157 siswa dan siswi SMPN 1 Jakarta. Dengan didampingi oleh para mentor PP-IPTEK yang berpengalaman, para siswa langsung melakukan aktifitas pertama yaitu explorasi alat peraga setelah kegiatan yang dibuka tepat pukul 14.00 WIB oleh Direktur PP-IPTEK Sukro Muhab.

Setiap siswa sesuai dengan kelompok dengan kelompoknya masing-masing mulai mengexplorasi alat peraga yang sudah ditentukan bagi setiap kelompok sebelumnya. Mereka terlihat serius mengamati setiap fenomena yang ditunjukan oleh alat peraga yang mereka teliti, sambil sesekali terjadi tanyajawab antara para siswa dengan mentor mereka.

Science Activity dan Creativity Craft merupakan kegiatan berikutnya yang dilakukan oleh peserta setelah explorasi alat peraga. Science Activity merupakan suatu kegiatan sains yang bersifat penelitian. Peserta diajak untuk meneliti sidik jari, baik motif maupun karakteristiknya dan mengapa sidik jari sangat penting untuk indentifikasi terkait dengan penyelidikan suatu kasus kejahatan. Selain sidik jari, peserta juga diajak untuk mengetahui dan meneliti golongan darah yang dimiliki oleh setiap peserta.

Sedangkan Activity Craft merupakan sebuah kegiatan kreatif yang merangsang daya imajinasi serta inovasi para siswa. Pada kegiatan ini peserta di ajarkan bagaimana cara membuat suatu mobil mainan sederhana yang bernama Fun Van Car.

Sesuai dengan namanya, maka kegiatan malam haripun masih berhubungan dengan sains. Peserta diajak untuk melakukan explorasi langit malam melalui kegiatan Literacy Science Night. Mereka terlihat sangat antusias mengamati setiap objek langit baik bintang maupun planet secara langsung dengan teleskop yang disediakan.

Kegiatan mala mini diakhiri dengan acara api unggun yang diisi oleh berbagai pertunjukan kretaif persembahan dari para peserta maupun mentor-mentor mereka.

Pagi harinya (29/4) para peserta mengawali aktifitas mereka dengan berolahraga diarea taman PP-IPTEK. Outbound merupakan kegiatan yang tidak mungkin tertinggal dalam sebuah kegiatan perkemahan. Pada outbound ini peserta memainkan beberapa permainan seperti waterfall, Robot A yang terbuat dari bambu, Bom Galon, Costume Race, dan trouble. Semua kegiatan tersebut merupakan aktifitas fisik yang melatih kekompakan dan kerjasama antar anggota tim.

Sebelum penutupan, peserta kegiatan science camp ini disuguhi science show spektakuler dan pemutaran film sains. Kegaitan ditutup oleh Direktur PP-IPTEK sekaligus penyerahan hadiah kepada tim yang berhasil mengumpulkan poin/nilai tertinggi selama kegiatan.[pp-iptek]

Tidak ada komentar