Breaking News

94 Siswa dan Siswi SMP se-Jabodetabek Ikuti Kompetisi Roket Air Regional di PP-IPTEK TMII

Sebanyak 94 siswa dan siswi SMP se-Jabodetabek mengikuti kompetisi Roket Air tingkat regional di Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) TMII. Kegiatan telah dibuka secara resmi satu hari sebelumnya (1/10) oleh Direktur PP-IPTEK, Sukro Muhab yang ditandai dengan peluncuran 3 buah roket air ke udara.Kompetisi Roket Air yang berlangsung pada Minggu (2/10) ini merupakan ajang unjuk kebolehan dari setiap peserta tentang penguasaan iptek terutama yang berhubungan dengan peroketan. Selain itu kompetisi ini sekaligus sebagai seleksi untuk kompetisi Roket Air Nasional yang akan berlangsung 1 minggu kemudian.

Satu hari sebelumnya para peserta telah lebih dulu mengikuti pelatihan bagaimana cara membuat roket air. Mulai dari mendisain dan membuat badan dan sayap roket sampai dengan meluncurkan dan menganalisanya. Hal ini dapat lebih memperdalam pengetahuan mereka tentang roket air.

Pada kompetisi ini, setiap siswa dibebaskan untuk membuat bentuk roket sesuai dengan keinginannya masing-masing dengan menggunakan bahan yang telah disiapkan oleh panitia.Tidak seperti roket muatan yang biasa kita kenal,bahan utama pembuatan roket air terbuat dari bahan plastik bekas kemasan minuman bersoda dan berbahan peluncur air.

PPIPTEK-TMII sendiri sejak tahun 2005 lalu telah memberikan beberapa kali pelatihan kepada ratusan pelajar di Indonesia mengenai pengenalan & rekayasa teknik pembuatan roket air.

Kegiatan peluncuran roket air pada tanggal 2 Oktober di PP-IPTEK TMII merupakan bagian dari upaya PPIPTEK-TMII untuk memberi fasilitas yang lebih kepada pelajar-pelajar iptek berbakat agar dikemudian hari lahir teknolog-teknolog muda yang tangguh dalam bidang iptek keantariksaan. Kegiatan ini dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat. Mengingat peluncuran roket air tidak bersifat explosif sebagaimana roket-roket berbahan bakar yang menimbulkan percikan api, maka masyarakat dapat menyaksikan peluncuran ini bahkan dari jarak yang cukup dekat.

Setelah melewati persaingan yang cukup ketat dengan perolehan nilai yang selisihnya sangat kecil, akhirnya didapat para pemenang dalam kompetisi ini.

Arya Wiratmaji dari SMPN 19 Jakarta berhasil meraih posisi teratas sebagai juara 1 dengan perolehan nilai 11,10. Pada peringkat ke 2 Rafif Hendrawan dari SMPN 85 Jakarta dengan skor 11,29. Juara ke 3 diraih oleh Anastasia MD dari SMPN 19 Jakarta dengan skor 11,52.

Juara harapan 1 dan 2 diraih oleh Putri Windu A, dan Zahrial Satria dari SMP Muhammadiyah dengan perolehan skor masing-masing 11,52 dan 11,81. Sedangkan untuk juara harapan 3 diraih oleh Archie Triston dari SMP Tarakanita 2 dengan skor 12,0.

Selain 6 juara tersebut, peserta dengan peringkat terbaik ke 7 sampai dengan ke 10 yang roket airnya dapat mencapai target tepat sasaran akan diikutsertakan dalam kompetisi Roket Air Tingkat Nasional tanggal 8-9 Oktober di TMII, dan 3 juara terbaik dalam kompetisi tingkat Nasional nanti akan akan diikut sertakan dalam lomba rekayasa roket air tingkat Asia Pasifik yang diselenggarakan bulan Desember di Singapura. (pp-iptek)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (3) Kerjasama Nasional (19) Kompetisi (11) Kompetisi Roket Air (13) Kompetisi Roket Air Regional (2) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (2) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (20) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (3) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Sains (1)