Breaking News

PP-IPTEK dan KSA Selenggarakan Seleksi Beasiswa Sekolah di Korea

Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia khususnya kalangan pelajar, Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) bekerjasama dengan Korea Science Academy (KSA) menyelenggarakan seleksi bagi para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) berprestasi untuk mendapatkan beasiswa sekolah di negeri ginseng Korea. Seleksi yang dilakukan pada hari Senin, 5 Desember 2011 ini dilaksanakan di gedung PP-IPTEK TMII.

Ini merupakan kali ketiga PP-IPTEK dan KSA mengadakan seleksi beasiswa tersebut. Pada tahun ketiga ini seleksi diikuti oleh 25 orang pelajar berprestasi yang sebelumnya telah lulus seleksi administrative. Ke 25 orang pelajar ini diseleksi langsung perwakilan dari KSA yakni Mr. Kyoung Dae Kim, Ms. Jung Ki Jin.

Materi yang diujikan dalam seleksi ini antara lain penguasaan akademis dibidang sains seperti Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia dasar. Pada tes penguasaan akademis dibidang sains yang dilakukan secara tertulis ini, peserta diharuskan menjawab beberapa pertanyaan atau soal yang telah disediakan para penguji. Untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan, para peserta harus memiliki logika yang baik dalam mencari solusi dan jawaban yang tepat.

Dari hasil seleksi tertulis ini, 9 peserta berhasil lolos untuk seleksi berikutnya yaitu wawancara yang dilakukan dihari yang sama. Pada tes wawancara ini, para peserta ditanya seputar minat dan bakat mereka, seberapa besar ketertarikan mereka untuk bersekolah di luar negeri seperti di KSA serta apa saja usaha dan persiapan yang telah mereka lakukan untuk dapat meraih hal tersebut.

Dari hasil seleksi ini nantinya akan ada 3 orang peserta yang yang lolos dan berhasil mendapatkan beasiswa tersebut. Pengumuman 3 peserta yang berhasil lolos akan diinformasikan dan diumumkan langsung oleh pihak KSA melalui email ke peserta.(pp-iptek)

Tidak ada komentar