Breaking News

Menciptakan Kembali Sains Generasi Baru di ASPAC 2012

Konferensi tahunan Asia Pasific Network of Science & Technology (ASPAC) yang ke-12 merupakan ajang perkumpulan seluruh science center  negara di wilayah Asia Pasifik, termasuk Indonesia yang diselenggarakan setiap tahunnya sebagai media komunikasi dan kerjasama antar science center dan lembaga-lembaga yang menggunakan pendekatan interaktif untuk mendorong keunggulan-keunggulan inovasi dan meningkatkan pemahaman iptek di Asia Pasifik.

ASPAC 2012 diselenggarakan pada tanggal 16-21 April di Singapore dan Singapore Science Center (SSC) sebagai tuan rumah ASPAC kali ini. PP-IPTEK sebagai Science & Technology Center di Indonesia diwakili oleh 4 (empat) orang staf nya yakni Sukro Muhab, Hendra Suryanto, Hemi Prasetyo dan Ika Mian Karlina hadir dalam konferensi ASPAC 2012.

Dengan mengusung tema “Reinvention” atau penciptaan kembali, ASPAC 2012 berfokus pada generasi baru ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dan unik. Tema Reinvention ini didasari atas perlu dan pentingnya science center merubah diri dan menciptakan kembali hal yang lama dengan sesuatu yang baru sesuai kebutuhan dan keinginan masyarakat akan iptek dengan memperluas pengetahuan dan focus science center melalui pendekatan multi disiplin terhadap isu-isu baru sains.

Bagaimana iptek di masa yang akan datang dan bagaimana seharusnya science center mempersembahkan itu kepada generasi muda?.

Seberapa besar relevansi iptek yang kita persembahkan kepada pengunjung saat ini dan bagaimana kita memperluas focus kita dengan pendekatan berbagai disiplin ilmu terhadap isu-isu iptek yang baru?.

Dan bagaimana membuat diri kita beda dengan memberikan suatu keunikan dan pengalaman khusus bagi masyarakat?  Hal-hal inilah yang menjadi perbincangan  ASPAC 2012.

ASPAC 2012 dihadiri oleh 102 science center yang berasal dari 50 negara di Asia Pasifik. ASPAC 2012 tebagi atas beberapa sub tema, yakni Relevant Science, Unique Science, New Generation Science dan Reinvention. Ke-4 sub tema tersebut dibawakan oleh beberapa narasumber terkenal dibidang iptek dari berbagai science center dunia dalam Plenary Session. Selain itu bagian yang terpenting lainnya adalah Parallel Session, dimana setiap delegasi dapat berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai Reinvention di science center masing-masing dan mengambil manfaat dari science center-science center negara maju lainnya sehingga dapat menciptakan inovasi iptek yang unik dan relevan.

Making Science Relevant, salah satu topik yang dibicarakan dalam ASPAC 2012. Penciptaan kembali (Reinvention) inovasi Ilmu pengetahuan dan Teknologi sangat kuat relevansinya dengan  penelitian dan harus selalu berjalan berkesinambungan sehingga menghasilkan suatu inovasi yang diinginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat, tutur  Low Teck Seng (Agency for Science and Technology Research). Reinvention tidak hanya ditinjau dari aspek konten teknologi itu sendiri , akan tetapi sumberdaya manusia juga merupakan pilar dari proses Reinvention. Dengan demikian teknologi atau inovasi yang tercipta dapat sempurna dengan dukungan sumberdaya manusia kreatif yang dapat menyampaikan sains dengan cara yang unik dan membuat iptek menjadi menarik.  Selain itu pula usaha-usaha dalam memasarkan iptek melalui strategi pemasaran dan social media juga bagian penting dalam mengomunikasikan iptek kepada masyarakat.
ASPAC 2012 kemudian ditutup dengan  mengunjungi lembaga yang bergerak dalam bidang teknologi, seperti Museum Maritime Experiential & Aquarium yang menunjukan bahwa alam dan pengetahuan sejarah dapat disampaikan dengan unik dan dapat diciptakan kembali dengan teknologi. 

Dengan diselenggarakannya konferensi ASPAC 2012 diharapkan dapat memberikan inspirasi dan semangat baru dalam menciptakan iptek yang unik bagi seluruh delegasi science center yang hadir, Khususnya PP-IPTEK sebagai Agent of Change iptek bagi generasi Indonesia. (imk/ppiptek)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)