Breaking News

GIZ Tinjau Wahana Peragaan dan Program Siaga Pandemi Influenza PP-IPTEK

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) sebagai Science Center pertama di Indonesaia telah membuka satu wahana baru tentang influenza. Wahana yang diberi nama “Peragaan dan Program Siaga Pandemi Influenza” ini telah diresmikan penggunaannya untuk umum sejak tanggal 5 Juni 2012 kemarin dan mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari para pengunjungnya.

Wanaha yang menginformasikan bagaimana pentingnya budaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit yang salah satunya influenza disajikan dalam bentuk yang informatif dan menyenangkan. 11 alat peraga interaktif disajikan dalam wahana ini. Selain itu masih ada berbagai program seperti workshop dan seminar serta pentunjukan boneka yang sangat disukai pera pengunjung terutama pengunjung usia dini.

Wahana yang dibangun berkat kerjasama PP-IPTEK dengan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (Giz) dan didanai oleh Kementerian Federal Jerman untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesiapsiagaan menghadapi wabah termasuk tindakan praktis dalam mencegah juga membasmi penyebaran penyakit menular serta meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai kesiapsiagaan menghadapi wabah influenza dan mendorong masyarakat untuk berperan aktif untuk mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari.

“Ini merupakan proyek kerjasama yang paling berhasil yang telah dilakukan GIZ karena selain menginformasi berbagai hal terkait penyakit influenza, penyajiannyanya pun dikemas secara interaktif dan menyenangkan karena digabungkan dengan berbagai permainan hingga dapat meningkatkan minat anak-anak untuk mencoba” ucap Sandino Rothenbűcer, Junior Advisor Pandemic Preparedness Initiative GIZ pada kunjungannya Selasa (12/6/12) kemarin.

Pada kunjungannya tersebut, Sandino Rothenbűcer dan Ute Jugert, Coordinator Pandemic Preparedness Initiative GIZ, juga menyempatkan diri meninjau galeri Siaga Pandemi Influenza dilantai 3 PP-IPTEK. Sebelumnya mereka diterima langsung oleh Direktur PP-IPTEK, SUkro Muhab yang didampingi oleh tim pelaksana proyek wana tersebut di ruang rapat VIP PP-IPTEK.

Direktur memberikan paparan mulai dari konsep, proses pengerjaan, penyelesaian sampai pembukaan wahana Siaga Pandemi Influenza tersebut. Selain itu, beliau juga menyampaikan konsep alat peraga mobile yang akan dibuat guna keperluan pameran keliling yang rencananya juga akan dilakukan. Kunjungan hari itu ditutup dengan jamuan makan siang bersama.(pp-iptek)

Tidak ada komentar