Breaking News

PP-IPTEK Hadirkan Alat Peraga Sains di SDIT Al Hikmah



Pusat Peragaan IPTEK ( PP-IPTEK ), RISTEK Jakarta dan Puspa IPTEK Sundial Bandung menyelenggarakan kompetisi roket air untuk wilayah Jawa Barat pada tanggal 28-29 September 2013.

kolaborasi kerjasama ini dilakukan guna menseleksi 10 siswa/i terbaik kompetisi roket air yang akan mewakili wilayah jawa barat dalam kompetisi roket air tingkat Nasional yang akan diselenggarakan oleh PP-IPTEK pada 5-6 Oktober 2013 mendatang di PUSPITEK Serpong, Tangerang.
Kompetisi Roket Air Regional Jawa Barat diselenggarakan di Kotabaru Parahyangan, Padalarang-Bandung yang diikuti oleh 250 peserta dari 50 sekolah diwilayah jawa Barat, seperti Bandung, Cimahi, Banjar, Subang, Lembang, Padalarang, dll.

Kegiatan ini dilakukan 2 sessi, yakni pada hari pertama, 250 siswa dilatih untuk bagaimana membuat roket air yang tepat sasaran oleh team dari PP-IPTEK yang kemudian roket hasil karya siswa di uji luncurkan untuk melihat apakah roket air yang telah dibuat dapat terbang stabil dan bisa mencapai sasaran target yang telah ditentukan sesuai standar internasional. untuk menentukan ketepatan dalam mencapai sasaran tentunya dibutuhkan suatu perhitungan-perhitungan yang menjadi prinsip dasar kerja roket air. Acara kemudian dilanjutkan keesokan harinya sebagai puncak dari seluruh kegiatan, kompetisi peluncuran roket air hasil buatan para siswa yang telah dibuat pada hari sebelumnya dan dikarantina selama 1 hari.

Akhirnya muncullah 6 pemenang terbaik dari peserta kompetisi Roket Air Jawa Barat yang telah dinobatkan oleh dewan juri yang diketuai oleh Karya Subarman, Wakil Direktur PP-IPTEK, keenam siswa tersebut berasal dari sekolah SMPN 1 SUBANG, SMP MUTIARA BUNDA, SMPN 1 CIMAHI, SMP AL MASOEM, SMP PASUNDAN 1, SMP-IT ASY-SYIFA BOARDING SCHOOL SUBANG.

Acara kemudian ditutup oleh Direktur PP-IPTEK, Ari Hendrarto Saleh sekaligus penyerahan hadiah kepada 6 pemenang dan pengumuman peringkat 7 hingga 10 sebagai wakil wilayah Jawa Barat dalam ajang kompetisi Roket Air Tingkat Nasional.

Sampai Jumpa di Kompetisi Roket Air Nasional. 

Tidak ada komentar