Breaking News

Deklarasi ASCI ( Asosiasi Science Center Indonesia )





Deklarasi ASCI
Jakarta – Pusat Peragaan IPTEK (PP IPTEK), RISTEK sebagai pioneer science center di Indonesia bersama-sama dengan science center lainnya di Indonesia membentuk suatu organisasi perkumpulan yang mewadahi science center yang ada di Indonesia. Asosiasi Science Center Indonesia (ASCI) dibentuk sebagai media komunikasi antara science centre yang berada di Indonesia sekaligus untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak demi kemajuan science center.
Pembentukan ASCI diselenggarakan di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan Teknologi (PP IPTEK), RISTEK yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) diselenggarakan selama dua hari. Acara dimulai pada tanggal 28 Agustus 2013. Acara pembukaan ASCI diikuti oleh 11 science center di Indonesia, baik yang sudah eksis berdiri maupun yang masih dalam tahap perintisan. Ke-11 science center tersebut yakni Pusat Peragaan IPTEK (PP IPTEK) di kota Jakarta, Puspa IPTEK Sundial di kota Bandung, UPTD Graha Teknologi Sriwijaya di kota Palembang, Jawa Timur Park di kota Malang, Taman Pintar di kota Yogyakarta, Bappeda Kabupaten Jepara, Balitbang Sulawesi Tenggara, Balitbang Sumatera Utara, UPTB Solo Technopark, Bappeda kota Pontianak, dan Balitbang Kalimantan Selatan. Acara dilanjutkan dengan pendeklarasian Asosiasi Science Center pada tanggal 29 Agustus 2013, dimana para perwakilan 11 anggota science center menandatangani naskah deklarasi yang disaksikan langsung oleh Mentri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Cahaya Purnama.  
Penandatangan deklarasi ASCI disaksikan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Cahaya Purnama ( Ahok ).
(Penulis : Linda )

Tidak ada komentar