Breaking News

Pusat Peragaan Iptek Rayakan ke-23 Tahun Eksistensinya dalam Pembudayaan Iptek

Menristek beserta istri menanam tanaman herbal sebagai simbolisasi perayaan HUT PP-IPTEK ke-23

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset dan Teknologi, baru saja merayakan hari jadinya yang ke-23 yang jatuh setiap tanggal 20 April. Berbagai macam kegiatan dan fasilitas khusus pun digelar untuk memeriahkan acara HUT PP-IPTEK ke-23 yang diselenggarakan pada tanggal 20 – 21 April 2014 di Pusat Peragaan Iptek, RISTEK. PP-IPTEK, RISTEK menggelar berbagai macam kegiatan sains gratis dan potongan harga tiket bagi seluruh masyarakat yang berkunjung ke PP-IPTEK pada tanggal 20 April 2014 guna memberikan kepuasan dan layanan bagi pengunjung dimana pada saat yang sama setiap tanggal 20 April dirayakan sebagai hari konsumen nasional.

 
Pengunjung menikmati serunya alat peraga Gyro Exteme
Kegiatan sains tersebut diantaranya adalah Pertunjukan Sains Spektakular, Pertunjukan Peluncuran Roket Air, Pertunjukan Boneka Puppet, Pembuatan Topeng, Tantangan mencoba Gyroextreme, Tantangan Naik Sepeda Diatas Kabel, Free “Dinosaurus” Photo  Booth dan berbagai perlombaan menarik lainnya bagi pengunjung, seperti lomba joged dan senam wajah. Tidak lupa juga bagi pengunjung yang berusia 23 tahun pada hari itu mendapatkan tiket gratis masuk ke PP-IPTEK, serta merchandise menarik bagi mereka yang berulang tahun di tanggal 20 April.

Suasana ramai namun tetap mengutamakan kenyamanan pengunjung yang sebagian besar keluarga, dirasakan di galeri PP-IPTEK yang pada hari itu dikunjungi sekitar 1.900 pengunjung. Selain itu demi meningkatkan layanan dan kepuasan bagi pengunjung yang datang, seluruh pegawai, termasuk jajaran manajemen menerapkan 5R (Rapih, Resik, Ringkas, Rawat, Rajin) di seluruh fasilitas umum dan galeri PP-IPTEK sejak H-3, hingga menjadi pemandu alat peraga di galeri PP-IPTEK guna membantu petugas pemandu yang beroperasi pada hari itu. 


Pengunjung memakan biskuit berasap
Puncak perayaan HUT PP-IPTEK ke-23 dilaksanakan pada tanggal 21 April 2014 di Pusat Peragaan Iptek, Kementerian Riset & Teknologi, tepatnya di area Taman Herbal. Acara yang dimulai pukul 11.00 WIB dihadiri oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta beserta Istri,  para Deputi, Staf khusus Menteri, Asisten Deputi dan Pejabat di lingkungan Kementrian Riset dan Teknologi serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Riset & Teknologi. Acara dimulai dengan laporan dari Direktur PP IPTEK, Ari Hendrarto Saleh, terkait tekad jajaran pegawai PP-IPTEK untuk mensukseskan program nasional yang diamanahkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi. Dilanjutkan dengan laporan dari Deputi Bidang Pendayagunaan Iptek, Pariatmono, terkait pencapaian PP-IPTEK hingga tahun 2014. Disampaikan dalam laporannya bahwa pada usianya yang ke-23 ini memiliki makna yang berarti bagi Pusat Peragaan Iptek. Di tahun 2014 beberapa program telah tercapai, dari segi pengunjung yang meningkat 13% dari tahun lalu di bulan yang sama, terbentuknya ASCI (Asosiasi Science Center Indonesia) sebagai bentuk media komunikasi dan pengembangan science center di  Indonesia, tercapainya kerjasama-kerjasama antar lembaga dan terpilihnya PP-IPTEK sebagai General Counselor Executive Council di ASPAC (Asia Pacific Network of Science and Technology Center) periode 2014-2018. Harapannya di usianya yang ke-23 ini, rekan-rekan di PP-IPTEK terus berkomitmen dan loyal dalam menjalankan Pusat Peragaan Iptek dan mendapat dukungan penuh dari Menristek. Menristek pun dalam sambutannya, pada usianya yang semakin matang, PP-IPTEK yang didirikan pada tahun 1991 diharapkan dapat terus menunjukkan dirinya sebagai wahana Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang dekat dengan masyarakat. Hal ini penting, karena Pusat Peragaan Iptek diharapkan dapat terus meletakkan dasar yang kuat sebagai wahana intermediasi strategis bagi dunia pendidikan, universitas, industri, dan lembaga-lembaga Litbang yang berkeinginan mempromosikan produk dan hasil riset yang telah dicapainya kepada masyarakat luas. Harapannya kedepan agar dunia industri, universitas, lembaga-lembaga pemerintah dapat memanfaatkan seluruh prasarana yang ada di PP- IPTEK ini. Kementerian Ristek terus mendorong agar semua pihak berkontribusi dalam menciptakan jalinan kemitraan dengan PP-IPTEK. Khusus kepada LPNK Ristek, dan menghimbau agar dapat menjadikan PP-IPTEK sebagai wahana promosi atas hasil karya yang telah dihasilkan agar masyarakat luas lebih dapat mengenal peran dan fungsinya masing-masing.

Penyerahan sertifikat Special Poster Award APRSAF-20


Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepesertaan kontes poster APRSAF 2013. Seperti yang telah diterima beberapa tahun terakhir ini, Indonesia kembali memperoleh Special Poster Award yang kali ini diterima oleh Angelica Venus Sakuntala dari SD Tarakanita Citra Raya Tangerang. Acara berikutnya adalah penanaman 23 tanaman herbal di Taman Herbal PP-PTEK sebagai simbolis perayaan HUT PP-IPTEK ke-23 oleh Menristek beserta istri, Violet Gusti Hatta dan diikuti oleh para pejabat di lingkungan Kementerian Ristek dan Dharma Wanita Persatuan (DWP). Ke-23 tanaman ini akan menambah koleksi tanaman herbal di PP-IPTEK yang selama ini menjadi salah satu program sains di PP-IPTEK dalam mengenalkan tanaman yang dapat digunakan sebagai obat-obatan tradisional masyarakat.  Tak kalah meriahnya, pada puncak perayaan juga dilangsungkan perlombaan tarik tambang antar undangan yang hadir guna menambah keakraban dan tali. silaturahim.

Dengan adanya kegiatan perayaan HUT PP-IPTEK, RISTEK diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan iptek masyarakat melalui layanan-layanan program iptek yang disajikan oleh PP-IPTEK, RISTEK  dengan koordinasi langsung dari Asisten Deputi Iptek Masyarakat dan arahan dari Kedeputian Bidang Pendayagunaan Iptek. (imk/Humas PP-IPTEK).

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (1) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (1) Kerjasama Nasional (18) Kompetisi (10) Kompetisi Roket Air (11) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (1) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (5) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (18) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (1) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (2) Workshop (12) Workshop Guru (2)