Breaking News

Peragaan Iptek Keliling PP-IPTEK di Belitung Timur


Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), merupakan satker di Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) yang melaksanakan tugas di bidang pengelolaan peragaan dan program iptek dalam rangka pemasyarakatan dan pembudayaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam mewujudkan visi misinya sebagai wahana pembudayaan iptek yang dinamis dan berperan aktif untuk mendorong tumbuhnya masyarakat yang inovatif dalam penguasaan iptek, PP-IPTEK mengembangkan berbagai macam program sains yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Salah satunya adalah program Peragaan Iptek Keliling (PIK).


PIK merupakan suatu program pameran alat peraga sains mini yang diselenggarakan di luar lokasi PP-IPTEK guna memberikan pengalaman baru kepada masyarakat, khususnya siswa, dalam mempelajari sains. PIK dikemas secara menarik dengan memadukan unsur hiburan dan sains melalui berbagai alat peraga sains interaktif yang dapat disentuhmainkan secara mudah, menarik, menyenangkan dan mengesankan. Selain alat peraga, PIK juga dilengkapi dengan berbagai percobaan sains menggunakan alat dan bahan sederhana yang akan mengungkapkan dan menjelaskan fenomena keilmuan dalam kehidupan sehari-hari.

Program PIK pertama di tahun 2014 ini dilaksanakan di Belitung Timur pada tanggal 28 April - 2 Juni 2014. Kegiatan yang berlokasi di Auditorium Zahari MZ ini dibuka dengan Tarian Daerah dari Belitung Timur yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Dalam sambutannya, Bupati Belitung Timur, Basuri Tjahaja Purnama, menyampaikan bahwa tujuan diadakan nya PIK di daerah ini adalah untuk memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi agar masyarakat Belitung Timur cinta dengan iptek dan mereka bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
 

Sementara itu, Direktur PP-IPTEK, Ari Hendrarto Saleh, mengaitkan program ini dengan Hari Teknologi Nasional (Hakteknas) yang akan diselenggarakan oleh Kemenristek di Jakarta Convention Center (JCC) dengan puncak kegiatan pada tanggal 10 Agustus 2014 dan dihadiri oleh Bapak Presiden RI. Tahun ini Hakteknas akan mengambil tema iptek pangan, energi dan air untuk daya saing bangsa. Ari Hendrarto Saleh juga menjanjikan 10 unit alat peraga kluster energi dan alat peraga pendidikan untuk Puspa Iptek yang akan didirikan di Belitung Timur ini.

Selain Bupati Beltim, Ketua DPRD Beltim, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Beltim, Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah Beltim, serta Camat Beltim, PIK yang dibuka pada pukul 08.00 waktu setempat ini juga dikunjungi oleh sekolah-sekolah yang berada di daerah Belitung Timur dengan jumlah total pengunjung adalah 880 orang.





Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)