Breaking News

30 Tim Peserta Mengikuti Kontes Robot 2014 bertemakan Robot Agrikultur

Pemenang KRON 2014 Kategori SMA

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) merupakan wahana pembelajaran sains interaktif di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) yang berperan dalam pemasyarakatan dan pembudayaan iptek kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya pelajar dan sekaligus menjadi wadah pengembangan inovasi sains dan teknologi bagi masyarakat Indonesia. Dalam perannya memasyarakatkan iptek kepada seluruh kalangan, PP-IPTEK menyajikan alat peraga sains dan program sains interaktif yang salah satu pendekatannya melalui berbagai kegiatan kompetisi iptek yang diperuntukan bagi pelajar di Indonesia.

Kontes Robot 2014 merupakan salah satu upaya PP-IPTEK, Kemenristek, yang bekerjasama dengan Departemen Fisika, Institut Pertanian Bogor (IPB) guna meningkatkan daya saing generasi muda Indonesia dalam bidang inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan ini dibuat sebagai salah satu wadah bagi pelajar Indonesia yang mempunyai perhatian khusus pada teknologi perobotan dalam menuangkan inspirasi dan inovasi iptek yang dimilikinya melalui suatu ajang kontes yang mempertunjukan performa robot hasil dari rancangannya sendiri.

Peserta sedang mengalibrasi robot buatannnya



Kontes Robot 2014 diselenggarakan pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2014 di PP-IPTEK, Kemenristek, yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Peserta Kontes Robot 2014 adalah pelajar tingkat SMP dan SMA/SMK yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang, Serang, Surabaya, Malang, Gresik, DI Yogyakarta, dan Palembang yang keseluruhannya berjumlah 30 tim yang mempertunjukan robot hasil rancangannya sendiri kepada para peserta lainnya dan dewan juri. Kegiatan dibuka pada tanggal 11 Oktober 2014 oleh Deputi Bidang Pendayagunaan Iptek, Kemenristek, Pariatmono Sukamdo.

Deputi Bidang Pendayagunaan Iptek, Kemenristek
Dalam sambutannya yang disampaikan dengan sangat menarik, Pariatmono Sukamdo memulai dari menyampaikan kasus-kasus yang terjadi di Indonesia maupun di negara lainnya dan santer dibicarakan belakangan ini di media massa sebagai bagian dari hasil kemajuan teknologi di Dunia. Pariatmono mengharapkan generasi-generasi muda Indonesia saat ini, khususnya para peserta Kontes Robot 2014 dapat menjadi “agent of change” bangsa Indonesia dalam bidang Iptek dan generasi yang mampu menguak rahasia kemajuan teknologi bangsa lain demi mempertahankan keutuhan bangsa. Turut hadir dalam acara pembukaan Kontes Robot 2014 yakni Asisten Deputi Iptek Masyarakat, Deputi Pendayagunaan Iptek Kemenristek, Ahmad Dading Gunadi, Ka. Biro Hukum Humas, Kemenristek, Agus Sediadi, Direktur PP-IPTEK, Ari Hendrarto Saleh, Ka.Program Pendidikan Departemen Fisika FMIPA IPB, Akhirudin Maddu dan perwakilan Kemenristek lainnya.

Kontes Robot 2014 yang mengusung tema “Robot Agrikultur” ini dilakukan dalam beberapa tahapan, dimulai dari tahap pendaftaran, pengiriman proposal desain dan video robot, tahap uji spesifikasi robot dan tahap presentasi yang dilakukan di hadapan para dewan juri dan dinilai yang kemudian penampilan ke-30 robot yang ada dipertontonkan kepada peserta lainnya di atas track atau jalur yang sudah disiapkan. Dari track/jalur yang telah tersedia dan disampaikan sebelumnya pada ketentuan Kontes Robot 2014 terdapat beberapa alternatif jalur yang harus dilalui oleh robot masing-masing tim untuk menuju lokasi tujuan, sehingga tiap tim harus melakukan pemrograman pada robotnya masing-masing demi sampai pada tujuan / garis finish. Penilaian dilakukan berdasarkan penilaian pada tahap presentasi yang menunjukan originalitas robot yang dibuat oleh tiap tim dan penilaian pada kecepatan waktu robot dapat sampai ke garis finish.

Peserta mempresentasikan robot buatan mereka di hadapan dewan juri

Setelah melihat kontes ke-30 tim tersebut, kemudian didapat hasil yang dinobatkan sebagai pemenang Kontes Robot 2014 berdasarkan penilaian dewan juri. Untuk pemenang Kontes Robot 2014 kategori SMP diperoleh Tim Palawija dari SMP Al Azhar 13 Surabaya sebagai Juara I, Tim Spensebaya 3 dari SMPN 1 Surabaya, Tim Subur dari SMPAl Azhar 13 Surabaya sebagai juara III, dan Juara Harapan 1-3 diperoleh oleh Tim Emerald dari SMPN 1 Surabaya, Tim Zapota dari SMP Muhamadyah 10 Jakarta dan Tim Sawabot dari SMP Al Azhar Yogyakarta. Sedangkan untuk pemenang kategori SMA diperoleh Tim Tikus Pekerja dari SMAN 1 Gresik sebagai Juara I, Tim Vencedor A dari MAN 1 Palembang sebagai Juara II, Tim Maro dari SMK Muhamadiyah 7 Gendonglegi Malang, dan sebagai Juara Harapan 1 – 3 diperoleh oleh SMK Muhamadiyah 7 Gendonglegi 7 Malang, SMA Bintara Depok dan Pesantren Riyadusholihin Serang. Selamat untuk para pemenang.

PP-IPTEK, Kemenristek, berharap kegiatan menarik ini dapat dimanfaatkan oleh pelajar di Indonesia, khususnya pelajar SMP dan SMA/SMK sebagai generasi muda penerus bangsa yang dapat berpikir inovasi dan menghasilkan inovasi-inovasi iptek lainnya demi kemajuan bangsa Indonesia. Salam Iptek!(humasppiptek)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (3) Kerjasama Nasional (19) Kompetisi (11) Kompetisi Roket Air (13) Kompetisi Roket Air Regional (2) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (2) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (20) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (3) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Sains (1)