Breaking News

6 Siswa Terbaik Mewakili Indonesia dalam Ajang APRSAF-21 WRE di Jepang

Delegasi dari Indonesia

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) ikut serta dalam kegiatan tahunan Water Rocket Event (WRE) yang diselenggarakan oleh Asia-Pasific Regional Space Agency Forum (APRSAF) yang tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-21. APRSAF-21 WRE dilaksanakan di Jepang pada tanggal 29 sampai 30 November 2014.  Sesuai dengan namanya kompetisi ini diikuti oleh perwakilan dari negara-negara Asia Pasifik.

Indonesia mengirimkan tim untuk mengikuti APRSAF-21 WRE yang terdiri dari 6 (enam) peserta terbaik yang sebelumnya telah dipilih oleh PP-IPTEK dalam ajang Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN). Keenam siswa terbaik itu di antaranya adalah Assifa Nur Fadila, Syani Maharani, Muhammad Rafelino Putra, Budi Kosasih, Handika Rizky Lusty Pradani, dan Hendrawan Djody Saputro.

Wakil dari PP-IPTEK sedang mempresentasikan perkembangan Space Education di Indonesia

Hari pertama kegiatan APRSAF-21 WRE ini merupakan perkenalan seluruh tim dari masing-masing negara, presentasi perkenalan, keynote speak, serta kunjungan ke Museum Miraikan.

Puncak kegiatan dilaksanakan di hari kedua. Kegiatannya antara lain adalah lomba siswa, pembuatan daenit per negara, serta peluncuran roket air. Sementara itu, para guru memberikan presentasi dari negara masing-masing dengan durasi selama kurang lebih 10-15 menit. Presentasi dari Indonesia sendiri diwakili oleh Hemi Prasetyo.

Wakil dari Indonesia sedang menunggu giliran meluncurkan roket air buatan mereka

Setelah melalui kompetisi yang ketat, juara satu APRSAF-21 WRE 2014 dimenangkan oleh Yomomi Yoshihama dari Jepang dengan jarak luncur roket 240 cm dari titik target, juara dua dimenangkan oleh Yaiki Fukumoyo dari Jepang dengan jarak luncur 234 cm, dan juara tiga dimenangkan oleh Norhafizi dari Malaysia dengan jarak luncur 98 cm. Ada juga special award yang diberikan kepada Tomowi Yoshihara yang berhasil meluncurkan roket dengan jarak 665 cm. 

Selamat untuk para pemenang. Walaupun Indonesia tidak meraih juara tahun ini, tapi kita tetap bangga telah mengirimkan perwakilan Indonesia untuk dapat mengikuti kompetisi internasional ini. Dan bagi Sobat Iptek yang ingin menjadi seperti mereka di tahun 2015 nanti, dapat menghubungi science center terdekat di daerahnya masing-masing untuk mengikuti kompetisi roket air tahap awal, regional.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) JSO (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (4) Kerjasama Nasional (19) Kompetisi (11) Kompetisi Roket Air (13) Kompetisi Roket Air Regional (2) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (2) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (20) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (3) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Sains (1)