Breaking News

Percobaan Sains PP-IPTEK Tampil dalam Acara Lolipop di RTV


Dalam upaya meningkatkan kualitas mutu layanan, baik dari sisi pengembangan alat peraga dan program sains serta perluasan jaringan, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), senantiasa menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga di Indonesia, baik pemerintah maupun swasta. Salah satu lembaga yang menjalin kerjasama dengan PP-IPTEK adalah Rajawali Televisi (RTV) melalui program acara Lolipop.

Untuk salah satu episode program tersebut yang akan ditayangkan pada bulan Februari, shooting acara Lolipop dilakukan di PP-IPTEK pada Selasa, 27 Januari 2015. Variety kids show ini menayangkan percobaan-percobaan dengan bahan yang telah dipersiapkan oleh crew Lolipop sendiri, ditambah dengan percobaan-percobaan sains yang dimiliki oleh PP-IPTEK. Percobaan yang dilakukan pertama kali ialah Sate Balon. Percobaan ini merupakan tantangan untuk menusuk balon dengan menggunakan lidi, namun balon tidak boleh pecah. Di sini, salah satu pembawa acara tidak berhasil melakukan percobaan tersebut sehingga mendapatkan hukuman harus menaiki Gyro Extreme, salah satu alat peraga yang menantang keberanian karena tubuhnya diputar-putar.

Pembawa acara Lolipop mencoba percobaan
Setting selanjutnya di lakukan di alat peraga Tesla Coil. Tesla Coil merupakan atau kumparan tesla merupakan sejenis sirkuit transformator yang digunakan untuk menghasilkan tegangan tinggi, arus pendek, dan frekuensi tinggi dari arus listrik bolak-balik. Tesla coil ini menghasilkan arus yang lebih tinggi daripada sumber pengeluaran listrik tegangan tinggi lain, yaitu mesin elektrostatis. Di alat peraga ini, pembawa acara beserta 2 orang peserta Lolipop yang merupakan personil Teenebelle, dan salah satu pemandu PP-IPTEK dikurung di dalam sebuah Sangkar Faraday yang dapat melindungi mereka dari aliran listrik jutaan volt dan loncatan listrik yang panjang. Melalui Tesla Coil ini mereka dapat mempelajari listrik tegangan tinggi yang aman dengan mudah dan menyenangkan.

Setelah itu, peserta pun mencoba alat peraga Sepeda di Atas Kabel. Untuk dapat menaiki alat peraga ini, peserta diwajibkan untuk memenuhi syarat ketinggian (minimal 135 cm) dan berat badan (maksimal 50 kg). Mereka sangat senang mencoba alat peraga Sepeda di Atas Kabel ini, meski harus menjaga kesetimbangan agar tidak terjatuh dari sepeda.

Kemudian, kegiatan yang ditunggu-tunggu pun tiba. Peserta mengikuti Science Show Spectacular yang dipandu oleh salah satu pemandu PP-IPTEK. Science Show Spectacular ini merupakan salah satu Program Reguler di PP-IPTEK yang menampilkan percobaan sains spektakuler, menyenangkan, dan mudah dimengerti. Percobaan kali ini memakai 2 (dua) tema, yaitu Fire dan Nitrogen Cair. Percobaan Fire dimulai dari Bombarda yang berhasil mengejutkan semua orang karena suaranya keras seperti bom yang meledak di dalam galon. Kemudian percobaan kedua adalah Burning Hand (Bakar Tangan), kedua pembawa acara Lolipop mencoba percobaan ini. Secara bergantian tangan mereka pun terbakar, tetapi tidak terasa panas. Percobaan ketiga ialah Dragon Fire (Naga Api), dari sebuah cerobong pipa yang dimasukkan tepung maizena dapat mengeluarkan api yang cukup besar seperti hembusan napas naga. Ini membuat semua orang yang menonton tercengang bagai melihat sebuah atraksi pertunjukkan.

Setelah percobaan tema Fire ini, dilakukan percobaan dengan tema Nitrogen Cair. Percobaan ini dimulai dengan Ketel Teriak, yaitu percobaan dengan teko yang dimasukkan nitrogen cair sehingga menghasilkan suara yang keras seperti berteriak. Setelah itu percobaan Plastisin yang dicampurkan dengan nitrogen cair sehingga menjadi beku, lalu dibanting hingga pecah berkeping-keping. Percobaan selanjutnya Biskuit Asap. Biskuit ini pun dicampur dengan nitrogen cair sehingga menjadi sangat dingin, kemudian dimakan dapat mengeluarkan asap dari mulut. Berikutnya percobaan Balon Menyusut, balon ini juga dicampur nitrogen cair, dari kecil dapat membesar sedikit demi sedikit hanya dengan ditiup. Yang terakhir ialah Kabut Asap, yang merupakan kombinasi antara Nitrogen Cair dan air panas untuk menciptakan asap yang memenuhi selurh panggung. Ini membuat pembawa acara dan bintang tamu ingin memegang kabut asap itu dengan tangan mereka.

Nah, bagaimana? Tampak menyenangkan, bukan? Untuk lebih lengkapnya, nantikan tayangan acara Lolipop di Rajawali Televisi (RTV) setiap Sabtu-Minggu pukul 07.30 WIB. Atau kalau kamu ingin mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut di atas dan merasakan sendiri fenomena-fenomena sains yang terjadi, yuk, ramai-ramai datang ke PP-IPTEK. Tempat di mana kita bisa bermain sekaligus belajar.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)