Breaking News

WORKSHOP ROKET AIR GURU DI CILACAP

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), mengadakan kegiatan workshop roket air untuk para guru pada tanggal 5-6 Maret 2015, di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga(Disdikpora), Cilacap, Jawa Tengah.
Selain workshop roket air dengan guru-guru, diadakan juga uji coba peluncuran roket air. Kegiatan ini diikuti oleh 102 orangyang berasal dari guru-guru SMP di wilayah Cilacap dan sekitarnya. Acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) CilacapIndar Yulidilanjutkan dengan sambutan oleh Sekretaris Dinas DisdikporaSunardi, serta Direktur PP-IPTEK, Ari Hendrarto Saleh.
Dalam sambutannya pada kegiatan ini, Direktur PP-IPTEK menekankan bahwa pembelajaran fisika berbasis praktek sudah selayaknya menjadi satu kesatuan dalam suatu proses kegiatan pembelajaran.Dalam hal ini,membahas keterkaitan antara teori Hukum Newton dengan Roket Air.
Ia juga menambahkan bahwa workshop roket air ini selain menjadi kegiatan untuk mengenalkan pembuatan roket air kepada para guru, sekaligus bisa menjadi sarana pembelajaran berbasis sains dan menyiapkankompetisi roket air bagi para peserta pada bulan April, sehingga nantinya bisa menguji kemampuan dengan siswa-siswa dari wilayah lain di Indonesia dalam Kompetisi roket air nasional pada September 2015 di Jakarta. Setelah lolos seleksi nasional, akan dipilih 6 (enam) siswa yang bersaing dengan siswa-siswa asing di kancah internasional dalam Water Rocket Evet Asia-Pasific Regional Space Agency Forum (WRE APRSAF) yang akan diselenggarakan pada bulan November di Bali.
Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, perlu dukungan dari berbagai pihak untuk dapat mewujudkan pemahaman secara menyeluruh pada masyarakat untuk menggiatkan pembelajaran sains berbasis praktek melalui workshop roket air dan kompetisi roket air di bulan berikutnya.

Tidak ada komentar