Breaking News

PP-IPTEK Ikut Serta dalam Sail Tomini 2015

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara Sail Tomini 2015 (SAKA BAHARI) lingkar nusantara yang berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 28 agustus 2015, menggunakan kapal KRI MAKASAR dengan rute pelayaran Jakarta - Mamuju - Palu - Nunukan - Sebatik - Bitung - Ampana - Parigi - Ternate - Ende dan kembali lagi ke Jakarta pada tanggal 29 September 2015.

PP-IPTEK berkesempatan memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta pelantara 5 Sail Tomini, yaitu anak-anak pramuka dari seluruh provinsi di Indonesia, seperti Jawa Barat,  DKI Jakarta, Banten, Timika, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kepulauan Sulawesi, Kalimantan Timur, dan lain - lain. 

Sail Tomini 2015 mengangkat tema “Mutiara Khatulistiwa untuk Kehidupan Masa Depan”. Tujuan acara ini, yaitu mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil dalam rangka percepatan pembangunan dan pengembangan potensi sumber daya kelautan dan pariwisata Indonesia.

Teluk Tomini adalah teluk terbesar di dunia yang berada di Garis Khatulistiwa dengan luas berkisar 59.500 km2, merupakan jantung segitiga karang dunia (Coral Triangle), dengan keanekaragaman hayati (biodiversity) yang tinggi, serta karakteristik ekosistem unik dan indah. Kawasan teluk Tomini sebagian merupakan kabupaten tertinggal yang memilik potensi ekonomi nasional untuk perikanan, kelautan dan wisata bahari.  

Di kesempatan ini PP-IPTEK membawa alat peraga kemaritiman yang berjumlah 5 alat peraga, yaitu Simulasi Tsunami, Simulasi Gelombang Air Laut,  Viscositas Cairan, Balapan dalam Air,  dan Pusingan. Selain itu, PP-IPTEK menampilkan demonstrasi sains sederhana yang dilakukan selama perjalanan. Sampai saat ini sudah melakukan 3 kali demonstrasi sains yang bertepatan di Pulau Nunukan, Kalimantan Timur. 

Tidak ada komentar