Breaking News

Kompetisi Poster Sains Nasional 2015

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) sebagai lembaga yang turut peduli terhadap perkembangan pendidikan anak mengadakanKompetisi Poster Sains Tingkat Nasional pada Sabtu, 10 Oktober 2015 di PP-IPTEK, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Menggambar merupakan kegiatan kreatif dalam menyampaikan fikiran, imajinasi, maupun ingatan seseorang. Sebuah gambar dapat menyampaikan pesan lebih banyak dan jelas dibandingkan dengan sebuah tulisan. Anak-anak biasanya akan mengapresiasikan apa yang sedang difikirkannya melalui sebuah gambar. Banyaknya warna, garis maupun bentuk pada sebuah gambar, akan meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas seorang anak.

Kreatifitas anak yang tak terbatas membutuhkan media dan kegiatan untuk dapat menyalurkannya. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menyalurkan kreativitas anak adalah dengan membuat poster. Melalui poster, anak dapat menuangkan berbagai imajinasi yang ada dalam pikiran mereka ke dalam sebuah media kertas.

Kompetisi poster ini diikuti siswa dari 23 sekolah dasar (SD) di wilayah Jabodetabek yang berusia 8-11 tahun. Berbagai alat seperti pensil warna, crayon, dan cat minyak digunakan oleh para peserta untuk memperindah gambar yang mereka buat. Hasil karya poster tiga besar akan diikutsertakan kembali dalam Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) ke-22pada bulan Desember mendatang di Denpasar, Bali.

Tahun ini, lomba poster APRSAF 2015 bertemakan“Career in Space”. Tujuan diadakannya kompetisi ini untuk menumbuhkembangkan rasa cinta anak-anak terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa. Lomba ini merupakan sarana untuk memberikan pendidikan keantariksaan.

Dalam lomba ini, peserta tidak diperkenankan menuliskan slogan atau kata-kata yang mewakili individu, organisasi, negara, atau merk dagang tertentu, dan tidak boleh mengangkat tema-tema yang bersifat keagamaan pada poster yang dibuatnya.

Dalam sambutan penutupan kegiatan Kompetisi Poster Sains, Direktur PP-IPTEK sekaligus Kepala Biro SDM Kemenristek Dikti, Ari Hendrarto Saleh mengatakan, “Kementerian Ristek Dikti tentunya mempunyai banyak program-program yang akan mendukung adik-adik yang memiliki daya kreasi dan inovasi dalam bidang seni dan sains. Terkait dengan tema kegiatan ini Career in Space, adik-adik bisa gambarkan semua yang berhubungan dengan, seperti dokter luar angkasa, engineer, maupun profesi lainnya, bukan hanya astronot saja. Intinya kita harus selalu bermimpi karena mimpi itu adalah awal terciptanya inovasi. Mudah-mudahan ke depannya akan semakin banyak scientist muda di Indonesia.”

Penilaian poster berdasarkan kriteria kesesuaian poster dengan tema (40%), kreativitas (35%), serta keharmonisan pewarnaan dan objek (25%). Dewan juri kompetisi ini berasal dari berbagai kalangan, yaitu JRE Kaligis perwakilan dari PP-IPTEK sebagai Staff Ahli, Endra Sulendra perwakilan Perguruan Tinggi dari Dosen Seni Rupa Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan M. Ishak perwakilan dari guru.

Akhirnya setelah dinilai oleh para juri, terpilihlah 3 juara yang akan mewakili Indonesia ke tingkat internasional di antaranya:
  1.  Zeva Su’azra Malaika dari SD Al-Azhar 1 dengan poster profesi reporter luar angkasa meraih juara pertama;
  2. Deshinta Ekaristi dari SD Tarakanita Gading Serpong dengan poster profesi atlet sepak bola yang bermain bola di luar angkasa meraih juara kedua;
  3. Annisa Zahra Jingga Shafira dari SDN Bintaro 03 dengan poster dokter, suster, dan pasien yang ada di sebuah rumah sakit luar angkasa meraih juara 3.

Selamat kepada para pemenang, diharapkan hasil karya perwakilan dari Indonesia ini dapat memenangkan juara di Kompetisi Poster Tingkat Internasional.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)