Breaking News

Asyiknya Berbagi Cerita Sains di PP-IPTEK

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menyelenggarakan kegiatan “Berbagi Cerita Sains" pada tanggal 30-31 Oktober 2015 bertempat di PP-IPTEK, TMII. 
Berbagi Cerita Sains merupakan kegiatan sains interaktif yang bersifat outdoor/perkemahan dengan konten materi ilmiah terkait alam, lingkungan, teknologi, dan inovasi di masa yang akan datang. Kegiatan ini disajikan secara kreatif, inovatif, dan interaktif.

Dalam kegiatan ini peserta dapat memahami konsep-konsep dasar sains melalui science fair project dengan membuat hasil karya sains yang dapat bermanfaat. Semua aktivitas yang dilakukan berpotensi membentuk karakter anak untuk memupuk percaya diri, solidaritas, dan kerjasama dalam memecahkan permasalahan, serta membantu pengembangan bakat dan kreativitas anak. Semua aktivitas dikemas secara santai dan menghibur, serta diselingi dengan Science Show Spectacular yang disajikan oleh pemandu PP-IPTEK. 

Kegiatan Berbagi Cerita Sains ini pertama kalinya diadakan yang diikuti 95 siswa SMP yang datang dari 19 sekolah di wilayah Jabodetabek. Setiap sekolah mengirimkan 5 siswa perwakilannya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa pada bidang sains sekaligus menumbuhkan kecintaan pada alam dan lingkungannya.

Berbagi Cerita Sains dibuka secara resmi oleh Direktur PP-IPTEK, sekaligus Kepala Biro SDM Kemenristek Dikti, Ari Hendrarto Saleh. Dalam sambutannya Direktur PP-IPTEK mengatakan, “PP-IPTEK di bawah Kementerian Ristek, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tentunya mengharapkan semakin banyak generasi-generasi baru yang mempunyai pemahaman dan ide-ide baru terkait dengan sains itu sendiri. Diharapkan pemerintah akan memiliki bibit-bibit unggul untuk kemajuan negara kita di bidang sains. Banyak kegiatan yang kita dapatkan dalam Berbagi Cerita Sains ini. Mudah-mudahan menjadi inspirasi, menjadi ide yang dapat dikembangkan untuk hasil karya kalian.”

Aktivitas di hari pertama diawali dengan technical meeting tentang kegiatan Berbagi Cerita Sains yang berlangsung selama dua hari. Kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan yang bersifat ilmiah. “Peserta akan lebih mencintai sains dan mengembangkan teknologi. Itu yang kita harapkan,” ucap Feti Anita, Ketua Pelaksana Berbagi Cerita Sains.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi “Science Communication” yang dibawakan oleh Hemi Prasetyo, Kepala Sub Divisi Umum PP-IPTEK. Dalam materi ini dipaparkan bagaimana cara mengkomunikasikan sains dengan baik. Kemudian dilanjutkan materi “Mengembangkan Ide” yang dibawakan Ihsan Surur, Staff Peragaan PP-IPTEK. Dari materi ini peserta dapat mengembangkan ide tentang sains dan teknologi yang bersifat aplikatif melalui eksplorasi alat peraga, film, demo sains, dan sebagainya yang ada di PP-IPTEK.

Setiap kelompok pun mengeksplorasi alat peraga yang sudah ditentukan bagi kelompok masing-masing. Mereka terlihat serius mengamati setiap alat peraga yang diteliti. Kemudian dilanjutkan dengan science fair project.

Selain peserta siswa yang melakukan berbagai kegiatan, guru pendamping juga mengikuti berbagai kegiatan dalam workshop guru. Pertama workshop tentang “Paparan Promosi” yang dibawakan Ika Mian Karlina Kepala Sub Divisi Promosi dan Kerjasama. Melalui workshop ini para guru dapat mengenal lebih banyak tentang PP-IPTEK, merasakan program-program yang disajikan di PP-IPTEK seperti Burning Hand salah satu tema dari Science Show Spectacular. Para guru pun diajak berkeliling wahana yang ada di PP-IPTEK, mencoba dan merasakan langsung alat peraga maupun program yang telah dijelaskan dalam workshop. Kemudian dilanjutkan workshop berbasis STEAM yang dibawakan JRE Kaligis Staff Ahli PP-IPTEK. Dalam workshop ini para guru ditantang untuk membuat dua buah alat, yaitu pesawat dan alat lainnya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Mereka menciptakan berbagai jenis pesawat yang berbahan kertas dan daun.

Dalam science fair project siswa terbagi dalam 2 ruang. Di sini peserta membuat display seperti mading tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Mereka juga membuat alat yang sesuai dengan tulisan mading yang dibuat, berdasarkan bahan-bahan yang sudah disiapkan PP-IPTEK. Hasil karya sains yang ditampilkan pada display merupakan ide inovasi yang para siswa ciptakan dengan beraneka macam hiasan mading yang menarik dan alat yang bermanfaat untuk perkembangan sains. Display atau mading ini menceritakan pemikiran inovasi sains. Masing-masing kelompok secara berurutan mempresentasikan hasil karya yang telah mereka kerjakan selama kegiatan ini.

Sebelum penutupan kegiatan Berbagi Cerita Sains ini, disuguhi Science Show Spectaculer yang sangat menarik, yaitu Kabut Asap dari Nitrogen Cair. Para peserta tertarik menyentuh langsung kabut asap yang memenuhi panggung Auditorium PP-IPTEK. Selain itu beberapa peserta diminta menyampaikan pesan dan kesannya selama kegiatan berlangsung.

“Kegiatan ini bagus dan menarik. Saya dapat banyak pelajaran dari kegiatan ini. Banyak punya teman dari sekolah lain juga. Kakak-kakaknya baik-baik. Cuma agak bingung pas kelompok saya buat pohon karena nggak ada bahan pohon benarannya. Jadinya buat pohon dari gabus deh,” ujar Naufal.

Kegiatan ini ditutup dengan pengumuman dan penyerahan piala kepada tiga kelompok terbaik dengan poin tertinggi selama kegiatan berlangsung. Berdasarkan keputusan juri yang diketuai JRE Kaligis, Juara 1 diraih oleh SMPN 8 Tangerang Selatan dengan membuat display berjudul “Penjernih Udara Sederhana”, Juara 2 diraih SMP Kosgoro Bogor dengan membuat display berjudul “Penggunaan Ekstrak Daun Jambu Biji untuk Air Berkaporit”, serta Juara 3 diraih MTs Al-Hamidiyah Depok dengan membuat display berjudul “Penyiraman Kemarau”.

Selamat kepada para pemenang. Semoga hasil karyanya dapat bermanfaat untuk masyarakat dan kemajuan sains. Terus berkarya menghasilkan hasil penelitian-penelitian yang membanggakan. 

Sampai jumpa di kegiatan Berbagi Cerita Sains tahun depan.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (3) Kerjasama Nasional (19) Kompetisi (11) Kompetisi Roket Air (13) Kompetisi Roket Air Regional (2) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (2) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (20) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (3) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Sains (1)