Breaking News

Menonton Film Sains Gratis di PP-IPTEK

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) merupakan sumber belajar bagi seluruh masyarakat, terutama para pelajar. Sebanyak 86% pengunjung PP-IPTEK memang kebanyakan berasal dari kalangan pelajar, yaitu TK, SD, SMP, dan SMU sementara sisanya berasal dari masyarakat umum dan keluarga. Di sini, para pengunjung dapat belajar langsung mengenai iptek dengan alat-alat peraga interaktif yang bermanfaat dan menyenangkan.

Sains dapat disampaikan
dengan cara yang menyenangkan
PP-IPTEK bisa menjadi tempat belajar yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Selain alat peraga interaktif yang dapat dipelajari langsung sambil dimainkan, PP-IPTEK juga memiliki program-program yang sangat berguna dan bermanfaat dalam mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ilmu sains yang disajikan di PP-IPTEK sebagian besar masih berupa ilmu-ilmu sains dasar dan menengah. Untuk tingkat lanjut dan perguruan tinggi dengan jurusan sains memang belum banyak terjangkau, karena PP-IPTEK belum banyak menyediakan program dan fasilitas yang sesuai dengan kurikulum mahasiswa sains. Akan tetapi, untuk mahasiswa kependidikan sains sesuai dengan PP-IPTEK karena nantinya mereka menjadi pemateri yang akan mengajarkan sains ke masyarakat.

Selama ini PP-IPTEK telah melakukan kerja sama, baik dalam program kegiatan maupun pengembangan alat peraga iptek interaktif, dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seperti kegiatan kontes robot, kompetisi kincir angin, pengembangan alat peraga launcher roket air, dsb. Contoh alat peraga yang ada di galeri PP-IPTEK, yaitu alat peraga RFID (Pintu Elektronik) dari Jurusan Teknik Elektro, Universitas Pelita Harapan. Ke depannya, PP-IPTEK ingin lebih banyak mengajak para mahasiswa, terlebih lagi mahasiswa jurusan matematika, ilmu pengetahuan alam (MIPA) serta teknik, agar semakin banyak terlibat dengan kegiatan PP-IPTEK serta menjadikan science center sebagai media penelitian dan pembelajaran. Dengan begitu, PP-IPTEK dapat menjadi media bagi para mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di perguruan tinggi kepada khalayak ramai. Para mahasiswa dapat menemukan inspirasi baru untuk bahan pembelajaran yang membuat pelajar dan pengunjung PP-IPTEK tertarik. Mereka juga dapat membantu dan merangkul pengunjung untuk mempelajari sains yang fun, mudah, dan bermanfaat.

Dengan Gyro Extreme pengunjung
dapat belajar tentang gravitasi
Untuk mahasiswa teknik/sains, ke depannya PP-IPTEK akan menyediakan program dan fasilitas yang sesuai dengan bidang mereka, khususnya dalam pengembangan teknologi maritim, transportasi, energi, material maju, kesehatan dan obat, pangan, pertanian, hankam dan TIK. Sehingga seluruh mahasiswa sains pun dapat menjadikan PP-IPTEK sebagai tempat penelitiannya sendiri, selain di kampus. PP-IPTEK pun dapat menjadi wadah ajang kompetisi calon scientist hingga sampai tingkatan Asia bahkan dunia.

Well, welcome aboard guys.(delia ppiptek).

Tidak ada komentar

Index Labels