Breaking News

Menristekdikti Meresmikan Wahana Terbaru Wahana Petualangan Sains di PP-IPTEK



Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengadakan Customer Gathering 2017 di PP-IPTEK, Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 20 – 21 April 2017. Customer Gathering tahun ini terdiri dari Workshop Pembelajaran Sains dan Peresmian Wahana Petualangan Sains yang diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir.



PP-IPTEK merupakan wahana iptek yang berperan aktif dalam mendorong tumbuhnya masyarakat yang inovatif dalam penguasaan iptek. Misi penting yang dimilikinya adalah untuk mengembangkan pembelajaran publik demi pengembangan kreativitas di bidang iptek serta mendukung sistem inovasi nasional. Untuk memenuhi misi ini PP-IPTEK selalu berusaha meningkatkan kualitas layanannya agar masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan secara maksimal.



Sejauh ini kontribusi pengunjung dari wilayah DKI dan sekitarnya ke PP-IPTEK masih berada di bawah jumlah pengunjung di luar wilayah Jabodetabek yang besarnya mencapai 80% dari keseluruhan pengunjung yang datang ke PP-IPTEK. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan di atas maka perlunya suatu strategi pemasaran yang berfokus pada pasar Jabodetabek dengan mengadakan Customer Gathering yang terdiri dari Workshop Pembelajaran Sains dan Peresmian Wahana Petualangan Sains.

Customer Gathering merupakan ajang pertemuan antara PP-IPTEK dengan pihak sekolah tingkat SD dan SMP sebagai konsumen guna mempromosikan program kegiatan PP-IPTEK 2017 sekaligus menghimpun masukan dari para konsumen untuk perbaikan mutu pelayanan PP-IPTEK ke depan dan meningkatkan jumlah kunjungan pasar Jadebotabek ke PP-IPTEK. Kegiatan Customer Gathering dikemas dalam bentuk workshop pendidikan sains yang diikuti oleh para pemangku keputusan di sekolah, yakni kepala sekolah dan guru sains dari SD dan SMP se-Jabodetabek. Selain itu, PP-IPTEK juga meresmikan Wahana Petualangan Sains yang termasuk dalam rangkaian kegiatan Customer Gathering 2017.

Workshop Pendidikan Sains yang ditujukan untuk Guru bidang IPA/Sains bertemakan “Metode Pembelajaran Sains yang Efektif melalui Constructivism Learnin”. Workshop sains merupakan kegiatan interaktif guna menambah pengetahuan, pengalaman, serta kemampuan guru sehingga dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran di sekolah masing-masing. Metode pembelajaran yang dilakukan dalam workshop ini meliputi demonstrasi, science activity, simple research, ataupun diskusi.



Workshop  ini dilaksanakan pada tanggal 20-21 April 2017 dengan detail kegiatan Workshop Guru SD pada 20 April 2017 dan Workshop Guru SMP pada 21 April 2017. Workshop  Guru SD dibawakan oleh 3 pemateri, yaitu Dr. Juandanilsyah, MA mewakili Direktur Pembinaan SD Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemendikbud), Dr. Diana Rochintaniawati,M.Ed (Dosen International Program on Science Education  FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia), dan Jenny R. Kaligis (Staf Ahli PP-IPTEK) didampingi Feti Anita Tristiana (Kasub. Divisi Program dan Pendidikan). Workshop ini dihadiri oleh 86 guru dari 60 sekolah yang berada di wilayah Jabodetabek.

Hari berikutnya, tanggal 21 April 2017 merupakan Peresmian Wahana Petualangan Sains yang dibuka dan diresmikan oleh Menristekdikti Mohamad Nasir. Peresmian ini dihadiri oleh 57 orang tamu undangan dari lingkup Kemenristekdikti, TMII, perusahaan swasta, serta 82 guru peserta Workshop Guru SMP.

Setelah pembukaan di lantai 3, Menristekdikti beserta tamu undangan dan peserta workshop menuju galeri Wahana Petualangan Sains yang berada di lantai dasar gedung PP-IPTEK untuk menekan tombol meresmikan Wahana Petualangan Sains yang menandakan resminya Wahana Petualangan Sains. Setelah selesai, Menristekdikti beserta tamu undangan memasuki Wahana Petualangan Sains yang terdiri dari 5 alat peraga, yaitu Gyro Extreme, Mirror Maze, Laser Trap, Lorong Ilusi, dan Human Yoyo. Untuk Gyro Extreme menjadi satu-satunya alat peraga yang sebelumnya sudah diresmikan pada 21 April 2014.

Menristekdikti mencoba satu per satu alat peraga baru di Wahana Petualangan Sains yang memberikan tantangan saat mencobanya. Wahana Petualangan Sains merupakan arena alat peraga yang menyajikan tantangan mengenai sains dan teknologi. Melalui wahana ini siapa pun dapat berpetualang dan ditantang untuk mencari solusi dari tantangan yang dihadapi dengan kemampuan sains yang dimilikinya. 


Setelah Peresmian Wahana Petualangan Sains, dilanjutkan dengan workshop sains bagi guru SMP yang dibawakan oleh 2 pemateri, yaitu  Dr. Poppy Dewi Puspitasari, M.A mewakili Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud dan Dr. Hendra Suryanto sebagai Staf Direktorat Pembelajaran Kemenristekdikti didampingi Setyo Purnomo (Kasub. Divisi Peragaan). Workshop ini dihadiri oleh 82 guru dari 56 sekolah yang berada di Jabodetabek

 




Tidak ada komentar