Breaking News

WAHANA INOVASI INDONESIA AKAN HADIR DI PP-IPTEK, MENRISTEKDIKTI HADIRI PENANDATANGAN NOTA KESEPAHAMAN





Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) pada tahun 2018 mulai mengembangkan suatu wahana peragaan baru  yang disebut Wahana Inovasi Indonesia. Wahana Inovasi Indonesia direncanakan akan dibuka pada tahun 2019 mendatang oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir. Sebelum Wahana Inovasi Indonesia diresmikan pada tahun 2019, Menristekdikti menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara PP-IPTEK dengan 8 lembaga Iptek dan industri strategis di Indonesia pada tanggal 20 April 2018 di PP-IPTEK yang berlokasi di area komplek TMII, Jakarta.
Wahana Inovasi Indonesia merupakan wahana peragaan yang menampilkan karya inovasi bangsa Indonesia yang telah dikembangkan oleh lembaga litbang, perguruan tinggi dan industri strategis yang berkecimpung dalam bidang Iptek di Indonesia. Tujuan dari pengembangan Wahana Inovasi Indonesia ini oleh PP-IPTEK adalah selain science center PP-IPTEK sebagai sumber belajar dan pemasyarakatan Iptek, tujuan lainnya yakni agar masyarakat mengetahui produk inovasi yang telah dikembangkan dan dimiliki oleh bangsa Indonesia. Selama ini promosi hasil inovasi Indonesia kurang terpromosikan secara luas kepada masyarakat sehingga masyarakat, khususnya generasi muda kurang memahami produk-produk teknologi buatan Indonesia sendiri.
Wahana Inovasi Indonesia yang dikembangkan mulai tahun 2018 melibatkan beberapa industri strategis dan lembaga Iptek lainnya di Indonesia dengan mengusung 2 (dua) bidang fokus Iptek yakni pertahanan dan kesehatan. PT Biofarma, PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad, PT Inti, PT Len Industri, PT Inuki, PT Dahana dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) merupakan 8 lembaga yang concern dalam pengembangan teknologi Indonesia akan bergabung dan komitmen dalam pengembangan Wahana Inovasi Indonesia di PP-IPTEK.
Sebagai langkah awal komitmen pengembangan bersama Wahana Inovasi Indonesia, PP-IPTEK, Kemenristekdikti bersama dengan ke-8 lembaga tersebut diatas akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Direktur PP-IPTEK dan pimpinan dari tiap lembaga yang disaksikan oleh Menristekdikti. Penandatangan nota kesepahaman diselenggarakan pada tanggal 20 April 2018 di gedung PP-IPTEK dalam sebuah rangkaian kegiatan pembukaan Indonesia Science Day (ISD) 2018.
Kedepannya PP-IPTEK akan menggandeng dan berkolaborasi dengan beberapa industri strategis, lembaga litbang dan perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia untuk melengkapi peragaan di Wahana Inovasi Indonesia dengan mengusung 7 (tujuh) bidang fokus Iptek.



Tidak ada komentar

Index Labels