Breaking News

Puluhan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Di Kabupaten Jombang Ikuti Pelatihan Media Pembelajaran Sains oleh PP-IPTEK


PP-IPTEK untuk kesekian kalinya menyelenggarakan kegiatan pelatihan berbasis media pembelajaran bagi guru-guru sains di seluruh Indonesia. Kali ini kegiatan pelatihan guru sains dilakukan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada tanggal 18 September 2018 khusus untuk guru sains SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Jombang yang berlokasi di Auditorium SMAN 3 Jombang.


Pelatihan pembuatan media pembelajaran sains di sekolah ini diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Science For All (SFA) di Kabupaten Jombang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika di Kabupaten Jombang. Selain kegiatan Pelatihan bagi guru sains, SFA juga akan menampilkan Kompetisi Roket Air bagi siswa berusia 12-16 tahun se-Kabupaten Jombang pada tanggal 19 September 2018 yang nantinya 10 pemenang terbaik akan dikirim sebagai delegasi Kabupaten Jombang di ajang Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) di PP-IPTEK Jakarta pada tanggal 28 September - 1 Oktober 2018.

Pelatihan hari ini dihadiri oleh 65 guru SMA, SMK dan MA yang berasal dari 65 sekolah di Kab. Jombang. Kegiatan pelatihan guru ini dibuka oleh Direktur PP-IPTEK, Kemenristekdikti, Syachrial Annas dan hadir juga dalam acara pembukaan pelatihan dari Dinas Pendidikan Prov. Jawa Timur yang diwakilkan oleh Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Kab. Jombang, Suyono. Dalam sambutannya, Syachrial Annas menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini dilakukan agar pandangan masyarakat, khususnya di Jombang terhadap sains menjadi suatu hal yang menyenangkan, tidak sulit dan menarik dengan cara-cara yang sederhana.


Metode pembelajaran sains yang sederhana namun menyenangkan merupakan metode yang selama ini diusung oleh PP-IPTEK sebagai science center dalam memperkenalkan dan mengkomunikasikan sains kepada masyarakat, khususnya generasi muda. Masyarakat dibuat merasa senang dan terhibur terlebih dahulu dalam belajar sains melalui penyajian peragaan dan pertunjukan sains yang interaktif agar apa yang dipelajari oleh masyarakat dapat dengan mudah dipahami dan berkesan.



Dalam pelatihan ini, PP-IPTEK juga menggandeng Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sebagai penyiap materi dan narasumber, Imam Sucahyo yang membawakan topik tentang kelistrikan dan fluida. Selain Iman Sucahyo, narasumber dari PP-IPTEK, Kemenristekdikti, Hendra Suryanto khusus membawakan materi peranan science center sebagai media pembelajaran sains masyarakat. PP-IPTEK pun menyajikan beberapa topik pertunjukan sains yang spektakuler dan menantang bagi peserta workshop, seperti pertunjukan nitrogen dan api.




Suyono selaku pengawas di Cabang Dinas Pendidikan Kab. Jombang mengharapkan dengan mengikuti pelatihan ini kualitas para guru peserta pelatihan menjadi meningkat sehingga menjadi pengalaman terbaik para guru dalam mengajar di kelas dan merupakan tindakan terbaik dari seorang guru. Tindakan terbaik ini kemudian sangat perlu untuk ditularkan dan didesiminasikan pada guru yang lain agar menjadi sebuah pembelajaran yang efektif dan efisien. Harapan lain dari diselenggarakannya pelatihan ini agar para guru dalam pembelajaran fisikanya menjadi lebih menarik, lebih bermakna dan membudayakan sains kepada anak didik, ujar Ismail selaku Ketua Panitia. (Humas PP-IPTEK)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)