Breaking News

PP-IPTEK SELENGGARAKAN DISCOVERY CAMP “ROAD TO JUNIOR SCIENCE ODYSSEY IN THAILAND”

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Discovery Camp pada 21 - 23 Maret 2019 di gedung PP-IPTEK yang berlokasi di area komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

               



“Discovery Camp” merupakan kegiatan kompetisi keterampilan ilmiah yang dikemas dalam bentuk perkemahan. Tema kegiatan “Discovery Camp” ini The Role of Youth in Communicating Science for Sustainable Development Goals (SDGs) in Indonesia yang diangkat dari tema besar kegiatan “Junior Science Odyssey (JSO) 2019”.

PesertaDiscovery Camp” diikuti sebanyak 25 kelompok yang terdiri dari 75 orang pelajar yang berasal dari 11 SMP/SMA di wilayah Jabodetabek yang berusia 13 – 15 tahun, dimana dalam satu kelompok terdiri atas 3 orang siswa/siswi. Peserta yang ikut “Discovery Camp” harus memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam menciptakan ide-ide secara langsung, mampu berbahasa Inggris secara aktif, dan mempunyai kemampuan sosialisasi yang tinggi karena nantinya pada kegiatan JSO di Thailand tiap peserta juga akan dikelompokkan dengan peserta dari negara lain untuk berkompetisi.

M. Syachrial Annas selaku Direktur PP-IPTEK, Kemenristekdikti mengatakan “Discovery Camp” diselenggarakan sebagai ajang seleksi kompetisi sains “Junior Science Odyssey (JSO)” yang akan diadakan di Thailand. Peserta JSO berasal dari 13 negara anggota ASEAN Plus Three (Jepang, Korea, China), serta negara tamu Swedia, Australia, dan Nigeria.

JSO merupakan ajang kompetisi siswa di bidang sains terkait dengan kemampuan untuk memanfaatkan peralatan laboratorium dan melakukan pemecahan masalah terhadap suatu penelitian yang dituangkan dalam bentuk presentasi poster ilmiah. Selain itu, kegiatan JSO sebagai wadah bagi siswa dalam bersosialisasi dengan siswa dari negara lainnya. Oleh karena itu, kegiatan “Discovery Camp” akan mempersiapkan siswa/siswi Indonesia dalam berkompetisi melalui berbagai program imiah yang sesuai dengan tema.






Putu Lia Suryaningsih selaku Kepala Program dan Pendidikan PP-IPTEK menjelaskan, kegiatan “Discovery Camp” ini meliputi Skill Process, yaitu langkah-langkah penelitian yang berbasis penelitian sederhana dengan menggunakan metode berpikir ilmiah, Workshop Sains dengan judul Introduction of Science for Sustainable Development Goals (SDGs) yang dibawakan oleh Dr. Mutia Delina, M.Si, salah satu Dosen Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kegiatan lainnya adalah Kunjungan Ilmiah dan Proyek Kelompok membuat presentasi yang berkaitan dengan tema kegiatan yang dipresentasikan oleh tiap peserta dalam Bahasa Inggris di hadapan Juri.







Hari kedua adalah Kunjungan Ilmiah dilakukan ke beberapa Laboratorium Iptek yang berlokasi di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK), Serpong, di antaranya Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan (PTIPK), Balai Bioteknologi, Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), dan Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC). Keempatnya merupakan laboratorium milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"Kunjungan ini dalam rangka mengedukasi para pelajar tentang perkembangan teknologi Indonesia. Pengetahuan mereka tentang Puspitek terbatas,  mindset  mereka pada Puspitek tahunya hanya ilmiah, setelah berkunjung jadi mereka paham bahwa Indonesia juga bisa mengembangkan Pesawat Nir awak, yang bisa dikembangkan dalam rangka membantu memadamkan kebakaran hutan dan membuat hujan buatan. Kita berharap dapat membuka cakrawala mereka, bahwa Indonesia punya banyak pusat sains untuk dikembangkan bagi ilmu pengetahuan Indonesia," ujar Putu Lia saat berkunjung ke Puspiptek.

Setelah melakukan kunjungan ilmiah para peserta membuat laporan berupa karya tulis sebagai bagian proyek penelitian.

Hari terakhir, semua kelompok dari masing-masing sekolah melakukan “Proyek Kelompok” yang sebelumnya semua kelompok telah mempersiapkan dengan matang presentasi mereka. Kriteria penilaian yang dinilai oleh juri, di antaranya materi pembahasan, metode yang berkaitan dengan struktur dalam presentasi, penyampaian presentasi, serta ketepatan waktu.




Berikut pemenang “Discovery Camp” 2019 yang ditetapkan oleh para juri pada 23 Maret 2019:
Gold:
SMP Brighton (Kelompok 7)
Ertara Alya Vin
Azalia Cinta Zahirah Putri
Aurelia Maharani Putri

Silver:
SMP Brighton (Kelompok 2)
Steven Karlisius Silaban
Nakeshia Angela Valentina Situmorang
Cindy Evani

Silver:
SMP Islam Tugasku (Kelompok 2)
Fellyssya Faradila Hiko
Mushtafa Hafizh Ismarrahman
Nasya Nur Azizah

Bronze:
MTS Istiqlal (Kelompok 1)
Asti Azalia
Indria Zahidah
Nuha Nazeeha

Bronze:
SMP Brighton (Kelompok 8)
Diffie Alfierie Iswanto
Regina Rachel Sheerya Butarbutar
Nayyara Azzahra Mahdani

Bronze:
SMPN 115
Isabel Angelina Sianturi
Axel Manuel Bisuk Raja Mangatur Manurung
Sirhan Zafirah




“Pesan kami mengikuti Discovery Camp adalah banyak baca-baca dan nonton video Bahasa Inggris agar bisa lancar Bahasa Inggrisnya dan dapat banyak informasi dari pertunjukkan. Kesan kami aktivitasnya juga seru dan kita bisa menjadi lebih pede dan banyak pengalaman. Pokoknya kalau mau presentasi jangan panik. Untuk di JSO nanti, Insya Allah kita bisa jadi the best lagi, banggain orang tua sama sekolah,” ungkap Ertara, Azalia, dan Aurelia dari SMP Brighton Cibubur yang menjadi pemenang Gold dalam Discovery Camp 2019.


Kepala Sekolah SMP Brighton Cibubur, Bapak Widi Nugroho menyampaikan pesan dan kesan membimbing murid-muridnya sehingga menjadi pemenang Discovery Camp, “kami tidak mensyaratkan atau mentargetkan apa pun di event ini, namun ternyata anak-anak bisa menghasilkan lebih dari apa yang kami ekspektasikan. Dan luar biasa atas dukungan Bapak Ibu guru dan juga orang tua murid karena kita berhasil untuk meraih peringkat pertama di Discovery Camp dan ada peringkat kedua dan ketiga juga. Mudah-mudahan segala kerja keras anak-anak membuahkan hasil dan yang paling penting bagi kami adalah pengalaman mereka untuk presentasi, pengalaman mereka berorganisasi, dan juga pengalaman mereka menimba ilmu seluas-luasnya tanpa batas. Di luar itu kami tidak terlalu mentargetkan mereka, hanya apa yang mereka capai itu sesuatu yang terbaik untuk mereka, sesuatu yang baik untuk masa depan mereka.”

Direktur PP-IPTEK M. Syachrial Annas mengatakan harapannya dalam kegiatan Discovery Camp dan kompetisi-kompetisi internasional, “PP-IPTEK akan selalu mempersiapkan lomba-lomba yang berjenjang sampai pada level internasional dengan matang. Hasil dari kegiatan Discovery Camp membuat kita lebih siap dalam memperoleh hasil yang baik dan bisa membanggakan bangsa di tingkat internasional. Semoga kita bisa berhasil menjadi pemenang di event-event internasional.”

Selamat kepada SMP Brighton Cibubur yang akan mewakili Indonesia dalam ajang internasional JSO di National Science Museum (NSM), Thailand pada tanggal 9 – 15 Juni 2019, semoga dapat menjadi pemenang kembali di tingkat internasional.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)