Breaking News

PP-IPTEK MENAMPILKAN SCIENCE SHOW DALAM ISE 2019 & IEYI 2019

Pada tanggal 23 – 26 Oktober 2019, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar Indonesia Science Expo (ISE) 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan.  Penyelenggaraan ISE pada tahun ini, mengangkat tema Today and Beyond, tema ini merupakan tema besar keanekaragaman hayati Indonesia untuk kehidupan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan. Tema ini penting diangkat agar publik mengetahui potensi keanekaragaman hayati Indonesia yang kaya tapi juga banyak di ambang kepunahan.

Pada tahun ini ISE 2019 menampilkan hasil penelitian dari lembaga penelitian, perguruan tinggi dan industri, science movie, science show, talkshow, seminar,  konferensi internasional dan temu bisnis. ISE juga menjadi wadah bagi penyelia dan pemakai riset di berbagai sektor yang mempertemukan publik dengan berbagai latar belakang mulai dari akademisi, pemerintah, pelajar, dan juga masyarakat umum.




Dalam acara pembukaan pameran ISE 2019 ini PP-IPTEK menampilkan demo science dengan tema Kimia dan Matematika. Demo science kali ini ada beberapa percobaan yang dibawakan, yaitu sate balon, balon unik, berubah, kol pintar, dan tebak tanggal lahir.

Demo science ini memberitahukan bahwa semua orang bisa melakukan demo sains dengan menggunakan peralatan sehari-hari. Dalam kesempatan ini juga PP-IPTEK mengajak penonton untuk bisa melakukan demo sains bersama-sama dan menjabarkan kenapa percobaan itu bisa terjadi dan kemudian menjelaskan ilmu sains yang terkait dengan percobaan tersebut. Hal ini membuat penonton khususnya mahasiswa dan  pelajar sangat antusias untuk mencobanya.  




Selain menampilkan pameran Iptek dan inovasi dari lembaga dan perguruan tinggi dalam acara ISE 2019 ini juga menampilkan pameran karya ilmiah dari remaja dan anak-anak peserta kompetisi Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR). 

Pada tahun ini pelaksanaan ISE berbarengan dengan penyelenggaraan International Exhibition of Young Inventor (IEYI) yang merupakan kompetisi ilmiah remaja Internasional untuk mendorong inovasi dan penemuan.  Peserta lomba ini berasal dari 14 negara.

Pada acara pemberian awarding kepada para pemenang LKIR dan IEYI ini, PP-IPTEK mengisi acara pada pertunjukan Science Show dengan tema Nitrogen Cair, yang diadakan di Hotel Atria, Tangerang Selatan. Ada beberapa percobaan yang dibawakan dalam acara ini, yaitu screaming kettle, biskuit asap, telapak midos, dan sate balon. Dalam pertunjukkan ini, PP-IPTEK juga berinteraksi dengan para peserta lomba, mereka sangat antusias untuk menyaksikan dan ikut serta melakukan percobaan di science show ini. Pertunjukkan ini terlihat lebih menarik karena para penonton tidak hanya mengetahui fenomena sains yang terjadi, tetapi sekaligus mengetahui bahwa mempelajari sains itu sangat menyenangkan.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)