Breaking News

Info Binokuler April: Ternyata… Nuklir Sahabat Kita Lho..!

Aktivitas kehidupan tidak akan pernah terlepas dari ketergantungan terhadap energi. Saat ini dan dimasa yang akan datang kebutuhan energi akan menjadi sangat perting, seiring dengan menipisnya SDA yang tersedia serta dampak dari berbegai aktivitas kehidupan belakangan ini yang memanfaatkan energi cukup tinggi. Meningkatnya perekonomian dan pertumbuhan penduduk juga berkontribusi terhadap berkurangnya sumber energi yang tersedia di alam.

Saat ini sumber energi lambat laun akan berkurang kualitas maupun kuantitasnya. Cadangan batubara dan minyak bumi sudah jelas akan habis, karena waktu yang diperlukan untuk proses pembentukannya dialam jauh lebih lama daripada tingkat konsumsinya saat ini. Celaknya, akibat dari penggunaan 2 sumber energi tersebut akan mengurangi fungsi dari sumber energi lainya dialam, yang dahulu kita menganggap tidak akan habis, yaitu Matahari.

Energi alternatif mutlak diperlukan demi keberlangsungan kehidupan. Nuklir, salah satu energi alternatif yang sangat potensial ini banyak mendapat respon yang beragam dari masyarakat. Banyak yang pro juga tidak sedikit yang kontra. Hal ini bisa dimaklumi, karena orang awam menganggap nuklir itu identik dengan senjata pemusnah masal. Bahkan orang yang mengertipun banyak yang menentang karena efek samping maupun resiko yang ditimbulkan jika menggunakan energi ini. Terlepas dari itu semua, ternyata banyak manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan nuklir untuk kesejateraan manusia, a.l. pemanfaatan nuklir untuk rekayasa pertanian dan peternakan, obat-obatan, kesehatan dan kedokteran, industri, transportasi, desalinasi air, listrik, dll.

Bagaimana lebih jelasnya? Hadiri Talkshow Binokuler (Bincang Sains & Teknologi Populer) PP-IPTEK bulan ini, mengahadirkan narasumber dari BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional) pada hari Minggu, 28 Juni 2009 mulai pukul 14.00 dengan tema “Ternyata… Nuklir Sahabat Kita Lho..!”. Talkshow dibuka untuk umum, gratis untuk seluruh pengunjung PP-IPTEK.(humasppiptek)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)