Breaking News

Pembukaan Science Camp dan Kompetisi Roket Air Jabodetabek 2009

Lebih dari 160 pelajar SMP dari wilayah Jabodetabek ditambah dengan 10 siswa cerdas berbakat istimewa dari wilayah Jakarta, Tangerang, Sukabumi, dan Malang ambil bagian dalam kegiatan Science Camp dan Kompetisi Roket Air 2009 yang diselenggarakan Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) pada hari Sabtu – Minggu, 15 – 16 Agustus 2009. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-64 serta Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-14. Ini merupakan yang pertama kalinya, PP-IPTEK menyelenggarakan dua kegiatan, Science Camp dan Kompetisi Roket Air, dalam satu waktu pelaksanaan.

Tema Science Camp yang diangkat kali ini adalah “Go to Space”, demikan karena selain bentuk perayaan 2009 sebagai tahun astronomi juga karena banyak kegiatan-kegiatan yang erat kaitannya dengan ruang angkasa seperti penggunaan GPS, peneropongan langit, dan peluncuran roket air. Science Camp kali ini merupakan kegiatan ke-2 yang diselenggarakan PP-IPTEK pada tahun ini setelah sebelumnya diselenggarakan pada 20 – 21 Juni.

Kegiatan dibuka Sabtu pagi (15/08) tepat pukul 09.00 di lapangan parkir utara PP-IPTEK. Setelah menyampaikan kata sambutannya, Direktur PP-IPTEK, Finarya Legoh, resmi membuka kegiatan ini dengan penekanan tombol yang disambut dengan raungan sirine disusul dengan melesatnya roket berbahan pendorong serbuk bedak keangkasa. Semua mata tertuju pada roket yang meluncur dihiasi dengan kepulan asap putih yang terdapat pada bagian ekornya. Hingga mencapai ketinggian kira-kira 80 m, parasutpun mengembang dan roket mendarat dengan mulus disambut dengan tepuk tangan para peserta.

Setelah acara pembukaan, semua peserta yang terbagi dalam 17 kelompok langsung bergegas menuju ruang Newton untuk melaksanakan kegiatan pertama mereka yakni Science Activity dengan tema “Bermain dengan GPS”. Pada kegiatan ini dihadirkan narasumber dari Bakosurtanal. Setelah mendapatkan materi pelatihan, secara berkelompok, para peserta yang telah dibekali dengan peta dan alat GPS langsung mempraktekkan alat tersebut, mereka berpencar keberbagai lokasi diareal PP-IPTEK untuk menentukan berada pada posisi dan koordinat berapa mereka berada.

Kegiatan peserta selanjutnya adalah eksplorasi alat peraga yang berlangsung pukul 13.00 s.d 14.30. Pada kegiatan eksplorasi alat peraga, setiap kelompok akan meneliti dan mendiskusikan beberapa alat peraga yang ada digaleri kemudian dipresentasikan kehadapan kelompok lainnya. Kegiatan dilanjutkan dengan workshop pembuatan roket air, dilanjutkan dengan uji coba peluncuran, karena roket yang dihasilkan oleh masing-masing peserta kali ini akan digunakan untuk kompetisi pada keesokan harinya.

Sore menjelang malam para peserta melakukan rangkaian kegiatan seperti: peneropongan bintang, api unggun, dan games. 4 teleskop digunakan pada peneropongan kali ini. Sebelumnya melakukan peneropongan para peserta mengikuti workshop miniatur teleskop. Yang menarik pada Science Camp kali ini adalah pertujukkan live music disela-sela penyalaan api unggun. Peserta dari SMP Pax Ecclesia dan para mentor sempat unjuk kebolehan dalam bermain musik dengan membawakan beberapa lagu. Dibalut kehangatan api unggun, para peserta, mentor, dan guru pendamping akhirnya mengakhiri kegiatan Science camp hari pertama sekitar pukul 23.30. Mereka menuju tenda untuk beristirahat mengembalikan stamina untuk kegiatan outbond dan kompetisi roket air esok hari.(PP-IPTEK)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)