Breaking News

IPTEK VOICE : Asyiknya Bermain Matematika di PP IPTEK

Hampir kebanyakan orang pasti akan bilang bahwa matematika itu suatu hal yang sulit dan menyeramkan, sehingga tidak heran apabila ada banyak orang di dunia ini yang kurang menggemari belajar ilmu matematika secara lebih mendalam. Matematika yang disebut sebagai “Ratunya Ilmu Pengetahuan” oleh sebagian matematikawan zaman dahulu, sebetulnya mempunyai segudang ilmu yang bisa kita terapkan dikehidupan sehari-hari yang fungsinya juga tidak kalah dengan ilmu pengetahuan sains lainnya seperti fisika dan biologi.

Untuk lebih jelasnya Setyo Purnomo, Kasub. Divisi Peragaan PP-IPTEK, Feti Anita Tristiana , Kasub. Divisi Program PP-IPTEK, menyampaikan di IPTEK VOICE yang disiarkan oleh Bahana 101.8 FM, Rabu 7 Oktober 2009 pada pukul 08.00-08.45.Feti menjelaskan PP-IPTEK adalah Pusat Peragaan Iptek suatu sarana pendidikan luar sekolah yang memadukannya dengan unsur hiburan, disana ada wahana pembelajaran alat-alat peraga yang sifatnya interaktif, program science activity yang sangat menunjang untuk program penunjang anak-anak disana ada alat peraga yang sifatnya eksak (matematika, fisika, biologi dan kimia).

Setyo juga menjelaskan matematika sangat penting adalah ratu ilmu, ilmu yang mendasari hampir seluruh ilmu, matematika sering di jadikan momok yang menakutkan ,kita berusaha bagaimana memotivasi generasi muda agar menyukai matematika. Di mind set generasi muda saat ini sudah terpasang bahwa mempelajari ilmu matematika hanyalah memeras dan memenuhi otak dan pikiran saja, tetapi sebetulnya apabila kita bisa mengkemas matematika dengan hal yang mengasyikan, masyarakat, khususnya pelajar tidak perlu menguras seluruh energy dan pikiran mereka hanya untuk belajar matematika yang hampir seluruhnya adalah menghafal rumus-rumus.

kami mengembangkan alat peraga ini suatu wahana matematika dibagi menjadi 3 cluster, seperti yang saat ini telah dikembangkan oleh Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Jakarta dimana bulan Oktober - November 2009 ini dijadikan sebagai bulan matematika, akan meresmikan Cluster Matematika yang didalamnya berisi ± 25 alat peraga matematika interaktif yang khusus dirancang untuk para pengunjung yang ingin bermain matematika dan menelaahnya lebih dalam. Untuk meramaikan Bulan Matematika, PP-IPTEK juga akan menyelenggarakan berbagai program matematika kontekstual seperti Workshop Ma-The-Matrick bagi guru SD dan SMP serta Kompetisi Matematika bagi siswa SD dan SMP. Di dalam Workshop Ma-The-Matrick yang diselenggarakan pada 29 Oktober 2009 mendatang, akan menjelaskan visualisasi fenomena kehidupan sehari-hari secara matematis dan mengaplikasikan matematika pada kehidupan dengan cara yang mengasyikan dan mudah dipahami, seperti menciptakan trik-trik yang dapat merangsang rasa penasaran seseorang melalui trik sulap dan trik memecahkan rahasia/kebohongan seseorang.

Cluster wahana baru ini dibuka setiap hari di PP IPTEK juga program pendampingnya, demonstrasi science, science corner untuk anak usia dini (TK), tematik program kegiatan mengumpas tuntas fenomena alat peraga bertema matematika, sanggar kerja (workshop untuk anak-anak yang bertema matematika). Untuk ekplorasi matematika bisa setiap hari, dibuka setiap hari bertempat di PP IPTEK - TMII buka dari 09.00 -17.00 wib. Cluster matematika ini akan dibuka tanggal 23 Oktober 2009 diharapkan agar peragaan yang kami sajikan mampu memotivasi para generasi muda kita untuk menyukai S & T pada akhirnya mereka akan memilih untuk profesi dibidangnya S & T dan untuk lebih mencintai matematika khususnya.

Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik besok dengan narasumber Dr Eng Eniya Listiani Dewi dan Ir. Ganesha Tri Chandra dengan tema : Fuel Cell Sepeda Motor, IPTEK VOICE Kamis 8 Oktober 2009 pukul 08.00-08.45 WIB di Bahana 101.8 FM. IPTEK VOICE "The Sound of Science". (rgp,dw/adpdki/ristek.go.id)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)