Breaking News

Duniaku Pintar Bersama Peragaan Iptek

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) sebagai instansi yang concern terhadap dunia pendidikan Indonesia, selalu berusaha dan berupaya untuk membantu memperkenalkan dan memasyarakatkan iptek kepada masyarakat luas dengan menggunakan berbagai cara. Salah satu cara yang dilakukan PP-IPTEK dalam memasyarakatkan iptek adalah dengan melakukan kegiatan Peragaan Iptek Keliling (PIK). Pada PIK kali ini PP-IPTEK turut serta dalam kegiatan Jateng Fair 2010 yang berlokasi di Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah yang mengambil tema “Duniaku Pintar” sebuah tema yang sangat sejalan dengan visi PP-IPTEKuntuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dalam pameran ini PP-IPTEK menampilkan berbagai alat peraga hands-on, salah satu di antaranya simulator aeromodeling yang merupakan alat peraga baru di PP-IPTEK. Alat peraga yang satu ini memang sangat diminati, bahkan sejak terpasang di gedung Bale Sumbing alat peraga ini tidak pernah sepi dari kerumunan pengunjung yang ingin mencoba. Selain alat-alat peraga hands-on interaktif tim PP-IPTEK juga menampilkan tiga jenis Demonstrasi Robotic diantaranya Line Follower Robot, Mechanic Universal Robot, dan Ecotec Robot.

Suasana galeri peragaan makin meriah dengan adanya pertunjukan demonstrasi iptek yang memukau karena selalu hadir dengan berbagai kejutan berbeda. Demonstrasi kali ini membahas mengenai Gelombang Micro dengan Microwave sebagai alat bantu utama. Setiap harinya PP-IPTEK menampilkan lebih dari 10 pertunjukan demonstrasi sains.

Jateng Fair 2010 resmi dibuka pada Kamis, 24 Juni 2010 tepat pukul 19.00 oleh Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo. Acara pembukaan yang dimeriahkan oleh 50 penari Topeng Ireng asal Magelang dengan menampilkan tarian dan kostum yang atraktif. Animo masyarakat sudah sangat terlihat sejak hari pertama pembukaan, terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang ke pameran tersebut. Rencananya Jateng Fair 2010 akan terus berlangsung sampai dengan 11 Juli 2010. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan minat dan rasa ingin tahu masyarakat khususnya yang berada diwilayah Semarang dan sekitarnya terhadap iptek.[pp-iptek]

Tidak ada komentar