Breaking News

Meningkatkan Kreatifitas Berekspresi dalam “Science Expression”

Orang mungkin sering mendengar atau mengucapkan kata “ekspresi”. Biasanya kata ekspresi identik dengan seni, karena ekspresi sendiri dapat berarti mengungkapkan maksud dengan gerak anggota badan, air muka, kata-kata dan lain sebagainya. Biasanya seseorang akan mengekspresikan apa yang berada di pikiran atau yang menjadi maksudnya melalui suatu media.


Selasa 22 Juni 2010 kemarin, Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) menyelenggarakan suatu kegiatan khusus seputar bagaimana kita mengekspresikan diri dalam science. Kegiatan yang diberi judul “Science Expression” ini diikuti oleh siswa dan siswi dari SMPN 252 Jakarta. Science Expression merupakan kegiatan yang mengkolaborasikan antara “art and science” yang dikemas secara kreatif untuk memberikan kesan dan makna yang lebih dengan tema “Fiction”.

Mengapa “Fiction” ? Fiction atau fiksi merupakan istilah sastra yang berarti tidak nyata terjadi atau sebuah karangan belaka. Fiksi memberikan kebebasan bagi peserta untuk mengekspresikan imajinasi mereka namun tetap bersifat sains. Kegiatan yang dibuka tepat pukul 09.00 ini terbagi atas lima sesi. Science Show merupakan sesi pembuka dari rangkaian kegiatan Science Expression. Pada science show ini peserta disuguhi dengan berbagai demonstrasi spetakuler tentang fire dan liquid Nitrogen. Derai tawa para peserta sesekali terdengar karena gurauan dan canda dari demonstrator disela-sela pertunjukan.

Pada sesi kedua, peserta dipersilahkan untuk mengekspresikan diri dengan cara melukis di atas t-shirt dan membuat topeng dalam science activity. Sebelum mulai berekspresi para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok harus menentukan tema yang berbeda. Kreatifitas para peserta mulai terlihat saat mereka sudah menentukan tema dan mulai melukis. Ada yang memulai dengan membuat pola dengan pensil terlebih dulu, tetapi ada juga yang langsung menggunakan kuas, bahkan ada satu kelompok yang tidak menggunakan pensil dan kuas tetapi langsung menggunakan tangan mereka “karena dengan tangan langsung akan lebih mudah berekspresi kak…” demikian ucap mereka.

Selesai dengan kuas, t-shirt dan topeng, peserta selanjutnya diajak untuk bermain di luar ruangan. Lempar balon, ball fall, Blind ball, dan costume competiton merupakan permainan-permainan yang memerlukan kekompakan dan kerjasama kelompok. Di sini terlihat bagaimana mereka bersaing untuk menjadi yang terbaik dan tercepat dalam menyelesaikan suatu permainan.

Setelah puas melakukan berbagai permainan, peserta diajak kembali keruangan untuk mengikuti workshop. Workshop ini membahas bagaimana menulis sebuah karya ilmiah. Berbagai hal tentang bagaimana menulis sebuah karya ilmiah, mulai dari apa itu karya ilmiah, jenis-jenis karya ilmiah sampai dengan metode ilmiah dijelaskan dengan rinci pada sesi ini. “Metode yang digunakan dalam suatu karya ilmiah akan sangat menentukan berhasil atau tidaknya karya ilmiah tersebut” demikian yang disampaikan oleh narasumber dalam kegiatan tersebut.

Sebagai sesi penutup, para peserta diminta untuk memperagakan hasil karya yang sudah mereka buat pada kegiatan science activity sebelumnya. Masing-masing mereka mengenakan t-shirt yang sudah mereka lukis untuk kemudian memperagakannya diatas panggung sesuai dengan kelompoknya. Satu persatu laksana seorang model mereka berlenggak-lenggok memamerkan hasil karya mereka.

Kegiatan Science Expression ditutup dengan penyampaian pesan dan kesan dari peserta dan guru pendamping atas kegiatan yang sudah dilaksanakan sekaligus pengumuman beberapa hasil karya terbaik.

Science Expression adalah kegiatan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMPN 252 beserta guru pendampingnya dalam rangka perpisahan kelas akselerasi. Di PP-IPTEK, siswa-siswi SMPN 252 membuktikan bahwa kegiatan perpisahan sekolah tidak hanya dapat diisi dengan pentas musik tetapi dapat juga diisi dengan kegiatan yang menggabungkan sains dan art.[pp-iptek]

1 komentar:

  1. event seperti inilah yang seharusnya banyak digelar di negara kita... karena dapat merangsang kreatifitas genarasi muda dan sekaligus memacu perkembangan teknologi Indonesia di masa depan.

    Faktanya sekarang, event hura2 (misal; pertunjukan musik panggung yg digelar TV2 swasta) jauh lebih gampang ditemui disetiap sudut malll dikota2 besar dibanding kegiatan2 yang edukatif seperti ini...

    BalasHapus

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)