Breaking News

Kitchen Science

Sains bagi sebagian orang apalagi anak-anak atau siswa sekolah mungkin merupakan sesuatu yang rumit, susah, memusingkan, dan tidak asyik. Hal tersebut wajar saja karena biasanya di sekolah, sains hanya diberikan dalam bentuk kata-kata dan teori tetapi sedikit praktek, sehingga untuk memahami sains akan terasa lebih sulit.

Pada Bincang Sains dan Teknologi Populer (BINOKULER) yang diadakan oleh Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) hari Minggu (20/6) membahas dan dan mengupas berbagai fenomena sains yang terdapat di sekitar kita. Pembuktian sains tidak melulu harus menggunakan sesuatu yang modern dan mahal. “Berbagai peralatan dapur yang digunakan untuk di rumahpun mengandung nilai dan fenomena sains” demikian yang disampaikan oleh Hendra Suryanto yang menjadi narasumber dalam acara yang bertemakan Kitchen Science ini.

Berbagai percobaan menggunakan peralatan dan perlengkapan dapur serta beberapa bahan yang biasanya juga terdapat di dapur, mulai dari sendok, toples, sodet sampai tusuk gigi dan jeruk ditunjukkan dalam acara Binokuler ini. Diawali dengan suatu percobaan yang sangat sederhana yang hanya menggunakan segelas air dan satu buah jeruk, pengunjung diberikan pertanyaan “apakah yang terjadi saat jeruk dimasukan ke dalam gelas berisi air tersebut?”, satu pertanyaan sederhana yang dilontarkan tersebut ternyata menghasilkan begitu banyak jawaban dari para pengunjung. Antusiasme mereka sangat terlihat saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan seputar percobaan yang dilakukan. Bukan hanya para orang tua, bahkan anak-anakpun tidak ketinggalan untuk mencoba menjawab berbagai pertanyaan tersebut.

“Engga nyangka juga… saat memasak ternyata saya juga sedang melakukan tercobaan sains ya..” demikian ucap salah seorang Ibu yang turut menyaksikan acara tersebut. Dalam dialognya Hendra Suryanto menyampaikan bahwa sains merupakan sesuatu yang perlu pembuktian, tetapi bukan berarti kita harus mengeluarkan dana yang besar untuk melakukan suatu eksperimen, dan dengan melakukan banyak percobaan sains akan menjadi sesuatu mudah, asyik dan menyenangkan . Acara ini ditutup sekitar pukul 15.30 dengan diiringi tepuk tangan dari para pengunjung. Hadiri terus program Binokuler selanjutnya dengan tema-tema yang tidak kalah menarik. Kegiatan Bonokuler selanjutnya akan diadakan tanggal 11 Juli 2010, gratis bagi pengunjung PP-IPTEK.[pp-iptek]

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (1) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (2) Kerjasama Nasional (18) Kompetisi (10) Kompetisi Roket Air (11) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (1) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (5) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (18) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (1) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (2) Workshop (12) Workshop Guru (2)