Breaking News

SMK Muda Patria Kalasan Jawara KOBOTEK 2010

Setelah sering menyelenggarakan workshop robotic untuk para pelajar, Minggu (1/8) kemarin Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) menggelar kompetisi robotic tingkat pelajar dengan nama KOBOTEK 2010. Kompetisi yang diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan pelajar Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya robotic ini dibuka tepat pukul 10.00.

Kompetisi robotic ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori SMP dan kategori SMK. Masing-masing kategori memiliki kriteria penilaian yang berbeda.

Untuk kategori SMP setiap peserta harus merakit robot menggunakan kit robot dari Fischertechnic. Kecepatan waktu dalam merakit robot merupakan salah satu kriteria yang menjadi penilaian pada kategori ini. Setelah seluruh peserta berhasil merakit robot, masing-masing robot diuji kemampuannya dalam mengumpulkan poin terbanyak dalam satu lintasan. Setiap robot hanya boleh melewati tiga titik poin yang mereka pilih dari enam titik poin yang disediakan. Jika robot menabrak rintangan yang ada pada lintasan, maka poin yang didapat akan dikurangi 50 angka.

Sedangkan untuk kategori SMK robot yang dilombakan harus sudah lulus uji kelayakan dan kesesuaian dengan ketentuan kompetisi terlebih dahulu. Kelayakan dan kesesuaian yang dimaksud antara lain adalah robot yang akan dilombakan harus autonomos, robot tidak dioperasikan dengan remote control dan alat pengendali jarak jauh lainnya, dari segi dimensi robot tidak boleh lebih dari 20 cm baik panjang, lebar ataupun tingginya, sedangkan dari segi berat robot tidak boleh lebih dari 2 kg. Setelah robot lulus uji kelayakan dan kesesuaian maka robot dinyatakan berhak untuk ikut dalam kompetisi.

Ada dua hal yang menjadi kriteria penilaian pada kategori ini, pertama adalah kemampuan robot untuk melewati jalur yang sudah ditentukan pada lintasan, jika robot keluar dari jalur yang telah ditentukan maka robot harus memulai kembali dari check point terahkir yang dilewati. Kriteria kedua adalah kecepatan robot mencapai garis finish.

Setelah melewati persaingan yang cukup ketat, akhirnya didapat tiga orang pemenang dari masing-masing kategori. Untuk kategori SMP, juara pertama diraih oleh Bimo Ichum dari SMPN 49 Jakarta, juara kedua diraih oleh Maulidya Ajeng Yulvia dari SMPIT Nurul Fikri Boarding School, dan juara ketiga diraih oleh Aslam Muhammad dari SMPIT Al Azhar 9.

Sedangkan untuk kategori SMK pemenang dari kompetisi KOBOTEK 2010 ini adalah Arief Kurniawan dan Latief Perdana dari SMK Muda Patria Kalasan Yogyakarta sebagai juara satu dan juara dua, untuk juara ketiga dari kategori ini diraih oleh tim SMKN 56 Jakarta.

Rencananya kompetisi KOBOTEK ini akan kembali diselenggarakan tahun depan, untuk menjaring lebih banyak minat dan bakat pelajar pada bidang robotic.[pp-iptek]

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)