Breaking News

Pusat Peragaan Iptek Hadir di SMPIT Nur Hidayah Solo

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) yang merupakan lembaga di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (RISTEK) hadir di SMPIT Nurhidayah dalam rangka roadshow guna memeriahkan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang jatuh bulan Agustus nanti.

Jika biasanya masyarakat atau pelajar yang datang berkunjung ke PP-IPTEK untuk bisa mencoba dan mengeksplorasi berbagai alat peraga PP-IPTEK ataupun berbagai program sains yang ada, hari ini (25/7) ini siswa siswi dan para guru SMPIT Nurhidayah dapat mencobanya langsung di sekolah mereka.

Di sekolah ini PP-IPTEK memamerkan 6 alat peraga sains, serta talkshow atau bincang sains bagi siswa dan pelatihan pembelajaran sains bagi guru. Yateman Arryanto yang merupakan pakar nanoteknologi dari UGM dihadirkan sebagai narasumber bincang sains ini. Para siswa diperkenalkan dengan teknologi nano yang mungkin baru pertama mereka dengar. Teknologi nano sendiri sebenarnya sudah banyak digunakan dalam kehidupan kita setiap harinya. Seperti misalnya pada teknologi pembuatan cat anti gores, ataupun teknologi yang digunakan untuk membuat benang anti air.

Interaksi aktif para siswa dalam bincang sains ini membuat kegiatan ini menjadi menarik. Yateman Arryanto selaku narasumber selalu memberikan berbagai contoh yang aplikatif dari teknologi nano ini, sehingga para siswa merasa akrab dan dekat dengan teknologi ini.

Sedangkan pada Pelatihan Pembelajaran Sains bagi para guru, Sukro Muhab, selaku narasumber sekaligus Direktur PP-IPTEK menjelaskan berbagai konsep pembelajaran interaktif yang tidak hanya selalu terpaku pada teori, melainkan menggunakan berbagai contoh pembelajaran yang interaktif. Bagaimana konsep pembelajaran dan pengajaran di sekolah sudah seharusnya diubah, karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini. Jangan selalu hanya memberikan teori tanpa memberikan bukti aplikatifnya. Beliau memberikan contoh bagaimana seorang guru menjelaskan mengenai kereta api namun tanpa memiliki seperti apa gambar atau bentuk kereta api tersebut, sehingga para siswa diminta untuk membayangkan sendiri. Hal ini akan mangakibatkan para siswa yang diajarkan akan memiliki persepsi yang berbeda dari yang diharapkan.

“Pentingnya penggunaan media interaktif sebagai pendukung peroses belajar sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting saat ini jika kita ingin dunia pendidikan kita maju “ demikian ucap Beliau. Selain bincang sains dan pelatihan pembelajaran sains, para siswa dan guru SMPIT Nurhidayah juga disuguhi dengan berbagai demonstrasi sains spektakuler dari para pemandu PP-IPTEK. Kegiatan roadshow Science for All di Solo ini merupakan kelanjutan dari roadshow yang telah berlangsung di beberapa kota sebelumnya. Selain di SMPIT Nurhidayah, roadshow Science for All di Solo juga akan singgah di Universiras Negeri Sebelas Maret pada Selasa, 26 Juli 2011.(ppiptek)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)