Breaking News

Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2008 dan Peresmian Wahana Robotik PP-IPTEK

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) yang merupakan instansi di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (RISTEK) adalah suatu tempat pembelajaran nonformal yang menyajikan berbagai alat peraga sains yang interaktif dan dapat disentuhmainkan langsung oleh pengunjung.

Sejak awal berdiri di tahun 1991, PP-IPTEK telah dikunjungi oleh lebih dari 300 ribu orang setiap tahunnya. Sebagian besar dari pengunjung PP-IPTEK ini merupakan pelajar.

Untuk dapat tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengunjung, PP-IPTEK telah menjalankan Sistem Manajemen Mutu, dengan menerapkan Quality Control Circle (QCC) disetiap bagian sejak beberapa tahun yang lalu. “Pelayanan prima merupakan sesuatu yang harus dipenuhi untuk tetap menjamin kepuasan pelanggan saat berkunjung. Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya PP-IPTEK mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 terkait standard pelayanan” demikian yang dikatakan Direktur PP-IPTEK, Sukro Muhab.

Penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 ini akan dilakukan pada Selasa, 31 Januari 2012 dan diserahkan oleh Direktur PT. SAI Global, I Wayan Susila yang disaksikan langsung oleh Sekretaris Menteri Negara Riset dan Teknologi (Sesmenristek), Mulyanto.

Tidak hanya dari segi pelayanan prima yang diberikan, PP-IPTEK juga berusaha menjaga kepuasan pelanggan melalui pengembangan alat peraga di galeri. Saat ini PP-IPTEK telah memiliki lebih dari 300 alat peraga sains yang terbagi atas 15 Wahana seperti wahana Listrik dan Magnet, wahana Mekanika, wahana Matematika, dan lainya. Dan untuk melengkapi wahana yang sudah ada tersebut, Selasa ini Sesmenristek juga akan meresmikan satu wahana baru, yaitu wahana Robotik.

Wahana robotik yang diresmikan oleh Sesmenristek ini berisi 5 alat peraga robot antara lain Bioloid Robo yaitu robot humanoid yang dapat bermain bola dan menari, Si Pemburu Api merupakan robot berkaki (crawler) yang diprogram untuk dapat mencari keberadaan lampu api yang menyala kemudian mematikannya, lalu Asuro berupa robot anjing yang dapat berinteraksi dengan manusia serta benda-benda di lingkungan sekitar. Kemudian yang dua lagi adalah Naomi berupa robot humanoid (memiliki kesamaan ekpresi dengan manusia) yang dapat berinteraksi dengan manusia, dan Pengukur Canggih alat peraga berbentuk robot raksasa yang dapat mengukur tinggi dan berat badan manusia. Keberadaan wahana Robotik ini nantinya akan melengkapi lab robotik yang ada dan telah diresmikan tahun sebelumnya.

Untuk lebih melengkapi kemeriahan acara hari ini, PP-IPTEK juga akan menyelenggarakan Seminar Teknologi Robot dengan judul “Perkembangan Teknologi Robot dan Cara Mudah Membuat Robot” dengan narasumber Indra Adji Sulistiono, seorang pakar robot dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

“Dengan diadakannya seminar teknologi robot dan diresmikannya wahana Robotik ini, diharapkan dapat membuka wawasan, pengetahuan, dan pemahaman masyarakat terutama para siswa tentang pentingnya pembelajaran sains sejak dini, agar kita tidak tertinggal dan dapat bersaing dengan Negara-negara maju dimasa yang akan datang” lebih lanjut Sukro Muhab Mengatakan.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)