Breaking News

Roadshow Science for All 2012 Terus Berlanjut

Roadshow Science for All 2012 Terus Berlanjut. Setelah pada bulan sebelumnya Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) hadir di Semarang dan Salatiga, kali ini PP-IPTEK hadir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan tanggal 20 Mei 2012.

PP-IPTEK merupakan salah satu instansi yang berada di bawah koordinasi Kementrerian Riset dan Teknologi (KEMENRISTEK) memang telah melaksanakan kegiatan Science for All sejak beberapa tahun sebelumnya. Kegiatan Science for All sendiri merupakan salah satu kegiatan yang diadakan dalam rangka mendukung dan mensukseskan salah satu misi kementerian ristek yaitu menciptakan masyarakat berbudaya iptek yang kreatif dan inovatif.

Kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ini di Banjarmasin ini dibuka secara langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi (MENRISTEK), Gusti Muhammad Hatta dan dihadiri pula oleh Walikota Banjarbaru, H. Ruzaiddin Noor, Rektor Universitas Lambung Mangkurat, H. Muhammad Ruslan, Direktur PP-IPTEK, Sukro Muhab, Danrem 101/Antasari, serta para pimpinan perusahaan swasta di Banjarmasin.

Kegiatan Science for All kali ini diisi dengan bincang-bincang oleh MENRISTEK dengan para siswa dan guru dari beberapa sekolah yang hadir. Pada bincang-bincang ini, MENRISTEK memberikan motivasi untuk para siswa agar dapat menekuni berbagai cabang ilmu yang ada khususnya yang berkaitan dengan teknologi. Karena cara yang paling mudah untuk dapat menilai suatu bangsa itu maju atau tidak adalah dengan melihat kemampuan masyarakatnya dalam menguasai dan menerapkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan teknologi kehidupan manusia akan lebih mudah, karena banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan akurat dengan menggunakan teknologi.

Selain bincang-bincang dengan MENRISTEK, kegiatan Science for All kali ini juga diisi dengan Kompetisi Roket Air. Bagaimana para siswa saling berlomba untuk membuat roket dari botol bekas kemasan minuman bersoda lalu kemudian meluncurkan roket hasil buatan mereka tersebut ke sasaran yang sudah ditentukan. Roket dapat meluncur dengan menggunakan daya dorong dari air dan udara yang dipompakan ke dalam botol, sehingga tidak membahayakan baik bagi peserta maupun bagi masyarakat yang menyaksikan kegiatan ini.(ppiptek)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)