Breaking News

PP-IPTEK Luncurkan Galeri Peragaan dan Program “Siaga Pandemi Influenza”

Influenza atau yang lebih dikenal orang dengan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh oleh virus influenza yang menyerang saluran pernafasan. Berbagai gejala dapat timbul dari penyakit ini seperti pusing, batuk, hidung berlendir, badan terasa lemas dan lain sebagainya.

Tidak hanya anak-anak dan orang tua saja, tetapi setiap orang dapat tertular penyakit ini. Penularan influenza dapat terjadi dengan berbagai cara baik langsung maupun tidak langsung. Penyebaran yang cepat pada satu wilayah dan kemudian menyebar ke wilayah lainnya menyebabkan influenza dapat berpotensi menjadi pandemi seperti peristiwa Flu Spanyol (1918-1920), Flu Asia (1957-1958), Flu Hongkong (1968-1969), dan Flu A Baru (H1N1) yang terjadi tahun 2009 kemarin.

Untuk itulah, Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) sebagai instansi di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (RISTEK) yang juga merupakan Science Center pertama dan terbesar di Indonesia telah mengembangkan berbagai alat peraga dan program mengenai ”Siaga Pandemi Influenza”. PP-IPTEK turut concern terhadap pentingnya menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang bagaimana pentingnya melakukan berbagai tindakan dan sikap dalam menghadapi Pandemi Influenza jika kelak terjadi.

PP-IPTEK memprakarsai dan berperan aktif pada program pencegahan dan penanggulangan ancaman pandemi influenza melalui pendidikan sains yaitu dengan alat peraga interaktif dan hands-on dan program khusus tentang pandemi influenza. Program ini juga terintegrasi dengan Program Nasional mengenai kapasitas untuk pengawasan dan pengendalian kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.
Peragaan dan program baru yang dikembangkan atas dasar inisiatif bersama antara Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) dengan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (Giz) dan didanai oleh Kementerian Federal Jerman untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesiapsiagaan menghadapi wabah termasuk tindakan praktis dalam mencegah juga membasmi penyebaran penyakit menular serta meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai kesiapsiagaan menghadapi wabah influenza dan mendorong masyarakat untuk berperan aktif untuk mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari.

Peragaan dan program Siaga Pandemi Influenza diresmikan penggunaannya untuk masyarakat luas pada Selasa 5 Juni 2012 oleh Deputi Bidang Pendayagunaan Iptek Kementerian Ristek, Idwan Suhardi di area lantai 3 gedung PP-IPTEK dan rencananya akan dihadiri pula oleh Frank Jattke, GIZ officer country Jakarta, Joachim Ponath, Second Secertary Development Cooperation Germa Embassy, Aribratasena, Kasubdit ISPA Kemenkes, serta para pejabat dilingkungan Taman Mini.

“Penyakit influenza tidak dapat dikatakan sebagai penyakit yang ringan, hal ini dikarenakan jenis virus yang selalu berubah dan bermutasi, serta dengan proses penyebaran yang sangat cepat. Kita harus selalu siap dan waspada dengan cara memberikan pemahaman dan pelatihan kepada masyarakat tentang pentingnya berprilaku hidup sehat agar jangan sampai pandemic influenza ini terjadi di Indonesia” demikian ucap Sukro Muhab, Direktur PP-IPTEK saat acara pembukaan siang tadi.

Galeri Siaga Pandemi Influenza terdiri dari 10 alat peraga antara lain Simulasi Bersin dan Etiket, Simulasi Batuk dan Etiket, Organisme Tak Nampak, Audio Visual, Model Sistem Pernafasan, Habitat Virus, Interaktif Komputer Game, Fasilitas kegiatan Fun Activity, Fasilitas Kegiatan Puppet Show, dan Fakta dan Mitos Unik Seputar Influenza.

Serta 5 program kegiatan interaktif seputar pandemic influenza seperti Training Siaga Pandemi Influenza, Workshop Puppet Show, Pandemi Puppet Show Competition, Fun Laboratory, dan Fun Activities Board.
“Tidak ada cara yang lebih baik untuk dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya siaga terhadap pandemic influenza selain dengan menggunakan berbagai alat peraga interaktif seperti yang ada di PP-IPTEK ini” ucap Frank Jattke dalam sambutannya.

Dengan hadirnya galeri Siaga Pandemi Influenza di PP-IPTEK, diharapkan para pengunjung semakin paham akan pentingnya bahaya dari penyakit influenza, sehingga dapat membentuk prilaku positif akan pola hidup sehat individu masyarakat juga menumbuhkan public awareness mengenai kesiapsiagaan menghadapi pandemi influenza. (ppiptek)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)