Breaking News

Menristek dan Bupati Sampit Kotawaringin Timur Kunjungi PP-IPTEK

Kamis (12/7) kemarin Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) menerima kunjungan Bupati Sampit Kotawaringin Timur, Supian Hadi dan rombongan serta Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta. Kunjungan kali ini dilakukan dalam rangka penjajagan kemungkinan dibuatnya Pusat Sains daerah di Sampit.

Pada kesempatan ini, rombongan diterima langsung oleh Direktur PP-IPTEK Sukro Muhab yang didampingi oleh para pejabat PP-IPTEK di ruang Auditorium. Diawali oleh sambutan dari Direktur PP-IPTEK dengan ucapan selamat datang dan sedikit informasi tentang PP-IPTEK. Bagaimana Pusat Sains seperti PP-IPTEK memegang peranan penting dalam mendukung proses pemasyarakatan dan pembudayaan iptek serta turut andil dalam membantu proses belajar para siswa dengan alat peraga iptek interaktif dan berbagai program sains yang ada.

Setelah itu, rombongan diajak untuk menyaksikan suguhan demonstrasi sains yang dibawakan oleh salah satu pemandu PP-IPTEK yang disajikan secara interaktif. Demonstrasi bertemakan Nitrogen cair ini cukup menarik minat Bupati Sampit dan rombongan. Hal ini dibuktikan dengan turut sertanya Bupati dalam melakukan percobaan bersama di atas panggung.

Setelah menyaksikan demosntrasi sains, Menristek beserta Bupati Sampit dan rombongan kemudian diajak untuk berkeliling ke galeri alat peraga utnuk memperkenalkan PP-IPTEK lebih dalam dan untuk memberikan gambaran secara jelas seperti apa science center itu sebenarnya. Digaleri peraga, Bupati dipersilahkan untuk mencoba alat peraga simulasi gempa, yaitu ala peraga yang memberikan sensasi guncangan gempa saat mencobanya. Selain itu rombongan juga mencoba alat peraga simulasi tsunami yang memang masih memiliki keterkaitan dengan alat peraga simulasi gempa. Disini rombongan dijelaskan bagaimana tsunami dapat terjadi akibat guncangan gempa besar di dasar laut karena bergesernya lempeng benua. Dan yang terakhir Rombongan diajak untuk mengunjungi wahana terbaru PP-IPTEK yaitu peragaan dan program Siaga Pandemi Influenza hasil kerjasa PP-IPTEK dengan pemerintah Jerman.

Kunjungan Menristek, Bupati Sampit dan rombongan kali ini ditutup dengan sesi foto bersama di area entrance PP-IPTEK tepat di depan main landing gear pesawat Airbus 300.(pp-iptek)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (1) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (1) Kerjasama Nasional (18) Kompetisi (10) Kompetisi Roket Air (11) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (1) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (5) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (18) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (1) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (2) Workshop (12) Workshop Guru (2)